Rumah BUMN, Ikhtiar Pertamina Wujudkan UMKM Go Global

Pertamina memiliki komitmen kuat untuk terus mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Salah satu wujud kepedulian tersebut ialah lewat pembinaan UMKM di Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Tanah Air, Bali satu diantaranya.

Langkah tersebut sebagai upaya Pertamina dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan usaha mikro kecil di wilayah Bali, khususnya yang berada di Kabupaten Klungkung dan sekitarnya. “Ada sekitar 400 usaha mikro kecil, baik itu dari Kabupaten Klungkung maupun dari luar,” ungkap VP CSR & SMEPP Pertamina, Arya Dwi Paramita kepada Energia saat berkunjung ke Rumah BUMN Klungkung, pada Kamis 17 Juni 2021.

Arya menambahkan, melalui Rumah BUMN yang dikelola Pertamina, para pelaku UMKM akan mengikuti proses inkubasi awal. Dimana tim dari Pertamina akan mencari UMKM yang memiliki potensi, untuk selanjutnya diberikan pembekalan ataupun pelatihan.

Setelah itu, para pelaku UMKM akan menjalankan fase berikutnya, yakni kurasi yang dilakukan oleh tim dari Pertamina. Jika lolos, UMKM tersebut selanjutnya Pertamina akan melakukan pendampingan sekaligus mengikutsertakan UMKM tersebut dalam ajang pameran baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Arya menuturkan, di Rumah BUMN tersebut, Pertamina juga secara aktif memberikan pelatihan, baik online maupun offline. Salah satunya ialah berupa pembekalan materi tentang cara pemasaran produk melalui sarana media digital.

“Platform SMEXPO menjadi salah satu market place yang kami ciptakan untuk teman-teman agar bisa menembus pasar. Disitu mereka latihan pasang foto, promosi, dan lain sebagainya sambil mereka latihan untuk bisa masuk le market place yang sebenarnya,” ujarnya.

Masih menurut Arya, program pengembangan UMKM juga merupakan rangkaian dari upaya Pertamina untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, serta community development seperti yang tertuang dalam program Small Medium Enterprise Partnership Program.

“Di SDGs itu ada point kedelapan yaitu pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dimana di dalamnya adalah bagaimana kami industri bisa hadir untuk memberikan manfaat kepada usaha mikro kecil, untuk bisa tumbuh dan berkembang,” paparnya.

Lebih lanjut Arya berharap dukungan dari seluruh pihak terkait, agar aspirasi Pertamina dalam menggulirkan program ini bisa terwujud. “Tentunya InsyaAllah Pertamina akan terus berpartisipasi dalam proyek pengembangan usaha mikro kecil ini. Karena ini merupakan bagian dari tugas hadirnya BUMN untuk Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Sri Widianti selaku Supervisor Rumah BUMN Klungkung juga berharap hadirnya Rumah BUMN ini bisa lebih banyak lagi melahirkan UMKM yang mampu go online, go digital,dan menembus pasar global.

Sumber: Pertamina.com

63 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like