Minamas Plantation Realisasikan Petani Plasma di Aceh Timur

Lahan seluas 720 hektar, di Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur, resmi menjadi lahan perkebunan yang dikelola secara kemitraan PT Padang Palma Permai dengan Koperasi Pentagon dan mendapat dukungan dari pemerintah Kabupaten.

PT Padang Palma Permai anak usaha Minamas Plantation, menujukkan komitmennya terhadap program plasma dengan menggandeng petani di Aceh  Timur.  Komitmen ini mengacu amanat undang-undang serta kebijakan pemerintah yang menyebutkan bahwa perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit wajib bermitra dengan masyarakat sekitar. Kemitraan ini dijalankan melalui  prinsip pengelolaan kebun sawit berkelanjutan.

PT Padang Palma Permai menggandeng Koperasi Pentagon melalui peresmian kebun Plasma, di desa Gampong Cek Mbon, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, pada 24 Januari 2018. Presiden Direktur Minamas Plantation, Haryanto Tedjawidjaja mengutarakan sudah menjadi kewajiban perusahaan perkebunan untuk mematuhi aturan yang diterapkan peraturan pemerintah setempat dalam operasional perusahaan.

“Selain itu, kemitraan dengan masyarakat sudah menjadi komitmen perusahaan untuk berkontribusi dan kesejahteraan yang nyata pada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Haryanto, kerja sama antara perusahaan dan pemerintah kabupaten diharapkan akan terus berlangsung hingga di masa yang akan datang. “Kerja sama kali pertama yang dilakukan, dapat memberikan transfer pengetahuan dan informasi dalam penerapan sustainable agriculture practice pada para petani, sehingga dapat menjawab keraguan berbagai pihak terkait kemampuan para petani plasma dalam menerapkan praktik budidaya sawit lestari,” lanjutnya.

Jauh sebelum melakukan program kerja sama serta pendampingan pada para petani khususnya petani sawit di Aceh Timur, Minamas Plantation sudah menjalankan program tersebut dengan petani plasma di wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan Sulawesi Tengah. Dengan program pendampingan, masyarakat sekitar (petani) mendapatkan manfaat kehadiran dan beroperasinya perusahaan perkebunan kelapa sawit yang menjadi komodiitas unggulan di Indonesia.

PT Padang Palma Permai menginisiasi kerja sama kemitraan dengan petani yang tergabung pada Koperasi Pentagon. Pola kemitraan yang disepakati dalam rangka mengembangkan perkebunan kelapa sawit yaitu Pola Kemitraan Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA). Koperasi Pentagon sebagai wakil petani Plasma menyerahkan pengelolaan dalam pembiayaan pembangunan perkebunan dan prasarana kepada PT Padang Palma Permai.

Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam mewujudkan program petani plasma di wilayah Aceh Timur. Kondisi kultur dan sosial berbeda dengan masyarakat di wilayah provinsi lain yang sudah dulu terealisasi sebelumnya. Kondisi inilah yang menjadi tantangan bagi perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk menjalin kerja sama dengan petani sawit menjadi petani plasma.

“Butuh waktu cukup lama, kami lakukan pendekatan sejak 2012 dan baru terwujud pada awal 2018. Upaya yang telah dijalankan melalui pendekatan kultur, modal sosial, dan membangun kedekatan emosional. Contohnya, hampir semua karyawan perusahaan yang merupakan putra daerah (asal Aceh), ditugaskan di daerah asalnya. Harapannya, menciptakan kedekatan emosional dengan masyarakat,” ujar Elly Mahesa Jenar, Head Corporate Communication, Minamas Plantation.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp