GAIKINDO Gelar Pameran Perdana Kendaraan Komersial

Guna untuk mengakomodir pengusaha yang membutuhkan kendaraan niaga (komersial), Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menghadirkan pameran kendaraan komersil yaitu GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018.

GIICOMVEC dijadwalkan akan berlangsung pada 1 – 4 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pameran kendaraan komersial ini dihadirkan dengan konsep Business to Business untuk menampilkan inovasi terkini dari para produsen kendaraan komersial.
“Jadi konsepnya berbeda dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diadakan setiap tahun,” kata Yohannes Nangoi Ketua Umum GAIKINDO, saat jumpa pers, pada awal Februari 2018 di Jakarta.

Penyelenggaraan perdana GIICOMVEC 2018 akan didukung oleh merek-merek ternama di antaranya UD Truck, United Tractors, Volvo, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Hino, Isuzu, Toyota, Daihatsu, DFSK, Iveco, Suzuki, Mercedes – Benz dan MAB (Mobil Anak Bangsa). Menariknya, masing – masing merek rencananya akan menghadirkan produk unggulannya.

Yohanes Nangoi, menyampaikan di tahun ini GAIKINDO menghadirkan dua pameran, GIICOMVEC dan GIIAS sebagai kontribusi dan dukungan terhadap perkembangan industri otomotif di Indonesia. Sementara, GIIAS akan diadakan pada Agustus mendatang. Pertumbuhan penjualan kendaraan komersial karena adanya pergerakan ekonomi yang ditandai dengan meningkatknya eksport komoditas antara lain batu bara dan sawit yang harganya mulai stabil.

Lebih lanjut, Nangoi, menambahkan GIICOMVEC dihadirkan dengan harapan semakin mendorong pertumbuhan industri kendaraan komersial. Di tahun lalu, tercatat penjualan truk dan double cabin meningkat hingga 45 persen jika dibanding penjualan di 2016.

Saat ini, pemerintah sedang mengembangkan infrastruktur, produktifitas logistic, distribusi dan perdagangan. “Sehingga mendorong para produsen kendaraan komersil untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan kendaraan komersial konsumen,” ujar Nangoi.

Rencana pameran kendaraan komersial yang dijadwalkan pada awal Maret 2018, sudah disoundingkan pada Kementerian Perindustrian.  “Beberapa waktu lalu, kami sudah bertemu Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan menyatakan siap untuk membuka pameran GIICOMVEC 2018,” ucap Nangoi.

Sementara itu, Rizwan Alamsyah Ketua III GAIKINDO Bidang Pameran mengatakan pameran kendaraan komersial (GIICOMVEC 2018) menjadi ajang untuk menampilkan kendaraan dan peluncuran produk baru. Ada enam brand kendaraan komersial yang sudah menyatakan kesiapannya akan meluncurkan kendaraan tipe terbaru antara lain, Isuzu, Iveco, Mercedes – Benz, Suzuki dan Volvo serta Mitsubishi Fuso juga akan melakukan pre-launching.

Kehadiran produk-produk unggulan dari brand kendaraan komersial di GIICOMVEC 2018 diharapkan semakin mendorong pertumbuhan industri kendaraan komersial, dimana pancatatan penjualan truk dan double cabin di tahun 2017 meningkat hingga 45% dari tahun 2016 . Menurut Yohannes Nangoi selaku ketua umum GAIKINDO, para Agen Pemegang Merek (APM) telah menunjukan konsistensinya dalam mengembangkan bisnis  kendaraan komersial. ”Para APM kendaraan komersial telah melakukan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan kualitas kendaraan yang diproduksi. Semakin berkembangnya proyek-proyek infrastruktur, produktivitas logistik, distribusi dan perdagangan di Indonesia, mendorong para produsen kendaraan komersial untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan kendaraan komersial konsumen,” tuturnya. Nangoi juga menyatakan bahwa GAIKINDO merancang secara khusus GIICOMVEC 2018 sebagai pameran business to business yang akan menampilkan inovasi terkini dari para produsen kendaraan komersial.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp