Dihadiri 800 Mahasiswa, APKASINDO Riau Sukses Gelar Sawit GoesTo Campus

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Provinsi Riau dan Universitas Islam Riau  (UIR) menggelar Sawit Goes to Campus di Gedung Pasca Sarjana Universitas Islam Riau (UIR), pada 14 November 2017. Kegiatan ini menginformasikan sisi positif sawit kepada mahasiswa dan kalangan akademik.

“Persiapan Sawit Goes To Campus ini baru kami persiapkan selama 10 hari. Tetapi hari ini penyelenggaraannya luar biasa bagus. Saya menilai dosen-dosen UIR sukses mengajar mahasiswanya. Terbukti mereka mampu bekerja dalam teamwork untuk suksesnya acara ini,” kata Ketua APKASINDO Riau Gulat ME Manurung dalam sambutannya.

Tujuan kegiatan ini, kata Gulat Manurung, ingin menangkal  isu negatif sawit dikalangan mahasiswa. Pasalnya, masyarakat dalam kehidupan sehari-hari  berhubungan dengan kelapa sawit seperti makan gorengan dengan minyak goreng, mandi dengan sabun, dan pakai kosmetik yang mengandung bahan baku minyak sawit. “Melihat peranan sawit di kehidupan kita, itu sebabnya kita ambil tema Sawit adalah Kita,” ujarnya.

Gulat Manurung menjelaskan bahwa APKASINDO sebagai organisasi yang menaungi petani sawit ingin berperan mengenalkan sisi positif sawit ke di kampus-kampus. Apalagi banyak mahasiswa dari Universitas Islam Riau yang berprofesi sebagai petani sawit. “Informasi yang saya peroleh dari  kampus yang saya dengar, kalau sudah harga sawit turun, hampir 60 persen mahasiswa nunggak pembayaran SPP,” ujarnya sambil tertawa.

Gulat Manurung mengharapkan supaya kegiatan seremoni goes to campus dapat berlangsung di kampus lain seperti UIN, Universitas Riau dan Universita Lancang Kuning.
Menurutnya kegiatan Sawit Goes To Campus  dapat menyadarkan masyarakat bahwa mereka selalu berhubungan langsung dengan sawit. Antara lain ketika mengkonsumsi gorengan, mandi dengan sabun atau menggunakan kosmetik berbahan minyak sawit, dan bermacam produk lain yang dimanfaatkan sehari-hari dengan bahan baku minyak sawit.

 

”Banyak kawula muda tidak menyadari bahwa mereka selalu berhubungan langsung dengan minyak sawit, kelompok-kelompok tertentu justru menonjolkan isu negatif tanpa dasar ilmiah yang jelas,” ujarnya.

Wakil Rektor 1 UIR Syafrinaldi dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Sawit Goes to Campus karena akan membantu penyebaran informasi positif kepada mahasiswa. Dikatakan Syafrinaldi, tema yang diangkat oleh APKASINDO ini sangat bagus. “Bagaimana sekarang ini konglomerat banyak dari orang-orang sawit. Ini sangat bagus untuk diulik,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya berharap agar kegiatan ini bisa diikuti sebaik-baiknya oleh Mahasiswa sehingga bisa mendatangkan manfaat bagi mahasiswa semua. “Selamat mengikuti acara ini, ikuti dan serap ilmu-ilmu yang disampaikan narasumber dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp