CARGILL, SEPAK BOLA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KETAPANG

Cargill bersama dengan pemerintah daerah dan Yayasan Klub Sepak Bola Chelsea, dengan mengadakan Cargill Football Festival 2017 berlangsung dari 21-27 Agustus 2016 di Kalimantan Barat dan Sumatera Selatan.

Richard Low CEO Cargill Tropical Palm dalam pembukaan kegiatan ini di Ketapang, Kalimantan Barat, akhir Agustus lalu, mengharapkan kolaborasi tersebut dapat menginspirasi anak-anak di tempat Cargill beroperasi untuk menjadikan mereka sebagai pemain bola profesional di masa depan.

“Mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai apa yang mereka inginkan, di manapun mereka tinggal atau dari manapun asal mereka, pendidikan adalah kunci yang akan membuka masa depan yang lebih cerah bagi mereka,” tambah Richard.

Pembukaan acara ini menghadirkan Martin Rantan Bupati Ketapang, Budi Mateus Ketua DPRD Ketapang, AKBP Sunario Kapolres Ketapang, beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten Ketapang serta tiga pelatih Chelsea FC Foundation yaitu Keith Harmes, Dean Steninger dan Ben Mitchell. Acara tersebut merupakan tur keenam yayasan klub sepak bola Chelsea yang bekerja sama dengan Cargill.

Klinik pelatihan yang berlangsung di lapangan Sepak Bola Tanjung Pura Ketapang itu dihadiri sekitar 60 peserta yaitu anak-anak dari akademi sepak bola di daerah tersebut. Dalam pelatihan itu tiap anak diberi latihan teknik dasar permainan sepak bola dan disertai penjelasan oleh pelatih. Teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus dikuasai oleh pemain di antaranya menggiring bola, menendang bola, mengumpan bola, menghentikan bola dan merebut bola.

Martin mengatakan, dukungan Cargill sebagai bentuk kepercayaan akan adanya potensi masyarakat Ketapang dan berkomitmen untuk mengembangkannya. Oleh karena itu diharapkan, kegiatan ini akan terus berlanjut hingga melahirkan atlet-atlet lokal yang berkompeten.

Pihaknya ke depan akan melibatkan perusahaan lain untuk mengikuti jejak Cargill dalam pemberdayaan masyarakat lokal, yang tidak hanya fokus pada bidang sepak bola saja tetapi juga olahraga lainnya. “Kita akan lakukan sinergi antara pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat demi kemajuan olahraga di Ketapang,” ucapnya.

Terkait dengan festival sepak bola tersebut, Keith Harmespelatih Chelsea FC Foundation menyatakan, kegiatan ini berperan menyatukan banyak pihak dari pemerintah, perusahaan dan masyarakat. Di sisi lain, berkontribusi memberikan pendidikan dan menginspirasi anak muda dalam mengembangkan potensinya sebagai pemain bola.

Festival Sepak Bola juga akan dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit Cargill di dua provinsi tersebut dalam seminggu. Anak perusahaan Cargill Group: (PT Harapan Sawit Lestari, PT Indo Sawit Kekal dan Poliplant Group di Kalimantan Barat), dan (PT Hindoli di Sumatera Selatan) mengoperasikan perkebunan gabungan seluas 80.000 hektar milik perusahaan dengan karyawan sekitar 18.000 orang.

Pada hari Kamis, 24 Agustus, Festival Sepak Bola akan berlanjut ke Sekayu, Sumatera Selatan, di mana para pelatih Chelsea FC Foundation akan melatih anak-anak dan pelatih dari akademi sepak bola setempat. Bupati Musi Banyuasin (MUBA) Dodi Reza Alex, akan meresmikan acara ini, yang juga akan dihadiri oleh Pelaksana Tugas Bupati Banyuasin, Ir. SA. Supriono. Sekayu merupakan ibu kota kabupaten Musi Banyuasin dan Dodi Reza adalah Ketua Umum Sriwijaya FC, salah satu klub sepak bola papan atas Indonesia yang berbasis di Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.