fbpx

Wulandari Mamahit, Mahasiwa Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Pelatihan BPI Efektif Bentuk Karakter

“Saya ikut pelatihan ini karena ingin memiliki pengalaman dalam bidang kelapa sawit. Latar pendidikan saya memang dari SMK Pertanian,” ujarnya.

Sebelumnya, memang saya tidak pernah mengetahui secara detil kelapa sawit. Walaupun pernah juga praktek di salah satu perkebunan sawit. “Namun saat itu belum mendapatkan informasi memadai karena perkebunannya kurang terawat,”kata Wulan.

Kendati di perkebunan cenderung pekerja pria, tetapi Wulan tidak minder. Dalam pandangannya, wanita mempunyai kesempatan sama bekerja di berbagai bidang termasuk sawit. “Selagi ada kesempatan terbuka, mengapa (kita) tidak mencoba,”paparnya.

Di perkebunan sawit, dikatakan Wulan, bidang  pekerjaan yang cocok bagi wanita adalah pembibitan, pemupukan, dan hama penyakit. “Di pembibitan karena perempuan lebih teliti melihat detil tanaman,”ujarnya.

Di Politeknik, dijelaskan Wulan, dirinya belajar penyuluhan pertanian. Pelatihan Asisten Unggul (PAU) yang diadakan Best Planter Indonesia selama 18 hari memberikan pengalaman berarti bagi Wulan.

“Dari pelatihan saya mengetahui detil kelapa sawit. Sebelumnya kita tidak tahu cara pembibitan , pemilihan benih, dan teknik budidaya. Saya bersyukur mengikuti pelatihan ini, informasi yang saya terima dapat bertambah dan lebih mengenal kelapa sawit,”ujar Wulan yang masuk Politeknik pada 2015.

“Saya siap masuk perusahaan sawit. Sangat siap,”tegasnya. Keputusannya ini diambil sudah didiskusikan dengan orangtua. Menurutnya, jauh dari wilayah perkotaan itu sudah resiko jika ingin bekerja di perkebunan  sawit. Walaupun, tidak ada listrik dan susah sinyal itu sudah dipertimbangkan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp