Sekolah Berkualitas Ala Yayasan Anwar Karim

Delapan unit sekolah telah dibangun Musim Mas Grup di bawah pengelolaan Yayasan Anwar Karim.  Fasilitas sekolah telah memenuhi standar nasional sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007.

Togar Sitanggang, Manager  Senior Musim Mas  Grup, menjelaskan sebelum tahun 2002  perusahaan masih terfokus kepada  kerjasama dengan  sekolah di sekitar perusahaan. Kerjasama ini meliputi  pembangunan sarana dan prasarana serta  berpartisipasi dalam pengadaan dan peningkatan tenaga – tenaga guru pendidik.

“Harapannya supaya  anak karyawan  dan masyarakat dapat bersekolah di sekolah yang berlokasi di sekitar kebun,” jelasnya.

Pada 2002, Musim Mas  Grup melalui Yayasan Anwar Karim  membangun sekolah yang pertama di Desa Sorek, Provinsi Riau. Menurut Togar, pembangunan sekolah ini lantaran  terjadi keterbatasan daya tampung sekolah di sekitar perusahaan. Sesuai dengan komitmen perusahaan, maka dilakukanlah  perencanaan dan program pengadaan sekolah di dalam lingkungan perusahaan.

Perusahaan menyediakan seluruh sarana dan prasarana untuk pelaksanaan operasional sekolah meliputi  gedung sekolah, fasilitas pendukung lainnya, transportasi peserta didik, dan tempat tinggal untuk tenaga pengajar.  “Pembangunan  dan penyediaan sekolah di lingkungan perusahaan menjadikan komitmen perusahaan yang terus berlanjut seiring dengan perkembangan perusahaan,” ujarnya.

Sampai sekarang, ada delapan sekolah yang dibangun dari jenjang TK sampai SD. Tersebar di empat provinsi antara lain  Riau sebanyak tiga sekolah, satu sekolah berada di  Sumatera Barat,  satu  sekolah di Sumatera Selatan, dan tiga sekolah di Kalimantan Tengah. Untuk jangka panjang, perusahaan telah merencanakan untuk mengembangkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama dan akan dilanjutkan ke Sekolah Menengah Atas sesuai kebutuhan dari setiap unit sekolah.

Di setiap sekolahnya, perusahaan menyediakan  fasilitas transportasi antar jemput kepada para siswa. Togar menjelaskan fasilitas ini diberikan supaya orang tua siswa yang berasal dari staf pekerja tidak khawatir dengan anak – anak mereka. 

Standar kualitas sekolah yang telah dibuat oleh Yayasan Anwar Karim sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah. Di setiap sekolah, disediakan 15 – 20 ruang kelas ditunjang fasilitas tambahan seperti  ruang komputer, ruang perpustakaan, ruang ibadah, ruang UKS, bus sekolah, dan kantin.

(Selengkapnya silakan baca di Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 Mei-15 Juni 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.