Resolusi Sawit Lukai Kedaulatan Indonesia, Kata Menteri LHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan  Kehutanan menilai resolusi sawit Eropa menghina harga diri bangsa Indonesia.

Siti Nurbaya,  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menegaskan studi sawit Parlemen Eropa tersebut tidak lengkap dan tidak tepat dengan potret yang ada untuk Indonesia. Mosi Parlemen Eropa dinilai Siti telah menyinggung kedaulatan Indonesia, karena menuduh dan mengajak pihak-pihak untuk “boikot” investasi sawit dan pindah ke sunflower dan rapeseed.

“Saya kira ini langkah yang tidak pas. Apabila dunia berharap Indonesia sebagai bagian penting dalam lingkungan global dan sebagai paru-paru dunia, dunia harus percaya bahwa Indonesia dapat menyelesaikan persoalan dalam negerinya.”

Menurutnya mosi terkait laporan tentang Sawit itu bersifat non-binding dan akan diserahkan kepada Dewan Eropa dan Presiden Eropa untuk menindaklanjutinya. Laporan itu itu secara khusus menyebut Indonesia yang isinya menyatakan bahwa persoalan sawit adalah persoalan besar yang dikaitkan dengan isu korupsi, pekerja anak, pelanggaran HAM, penghilangan hak masyarakat adat, dan lain-lain. Studi sawit akan dirilis pada pertengahan tahun ini dan Komisi Eropa akan mengadakan konferensi terkait sawit.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.