Pupuk NPK Compound Hi-Kay Bio: Kombinasi NPK An-Organik & Bio-Organik Pendorong Hasil Panen

Campuran bahan anorganik dan bio-organik merupakan nilai tambah pupuk NPK Compound Hi-Kay Bio, yang akan melengkapi kebutuhan unsur hara bagi tanaman sawit. Pupuk ini akan membantu peningkatan kesuburan tanah, mengembalikan keseimbangan mikroorganisme dalam tanah dan membantu pelepasan unsur hara yang terikat di koloid tanah.

Salah satu varian pupuk yang dipasarkan oleh PT Mest Indonesiy (Mestindo) adalah NPK HI-Kay Bio. Pupuk NPK Compound Hi-Kay Bio memiliki kandungan utama yaitu 80% Hi-Kay Plus (13/6/27/4+B) dan 20% Nutrismart (Leonardite/Lignite 93-95%; Karbohidrat 3-4%; dan serbuk atau bubuk ragi/Yeast powder 1-4% (Saccharomyces cerevisiae ), serta unsur mikro seperti Sulfur, Zinc, Copper, Molibdenum, dan Manganese). Formula ini diyakini akan mampu menjadi pendorong peningkatan hasil panen perkebunan kelapa sawit. 

Susanto Nusalim, Managing Director PT Mest Indonesiy, menjelaskan Pupuk NPK Compound Hi-Kay Bio memiliki formulasi pupuk terbaik karena menggabungkan dua jenis tipe Hi-Kay Plus (13-6-27-4+B )dan Nutrismart yang sudah teruji kualitasnya. Sebagai informasi, Agrifert adalah perusahaan pupuk pertama yang berhasil menemukan dan menguji formulasi terbaik yaitu 13-6-27-4+B pada 2001. Di tahun yang sama, produsen lain masih terfokus kepada formulasi tradisional seperti 12-6-22-3.

Susanto Nusalim memaparkan konsep dasar dari NPK Hikay Bio dapat mengembalikan seluruh nutrisi yang terpakai kelapa sawit secara lengkap dan berimbang (melalui pupuk NPK 13-6-27-4+B) dan merestorasi dan mempertahankan kesuburan tanah untuk mengoptimalkan Nutrient Use Effeciency – melalui aplikasi Bahan organic Nutrismart.

Nutrismart diproduksi oleh CK Life Science Int’l Lnc Hongkong yang telah mendapatkan pengakuan mutu lewat sertifikat mutu dari BFA (Biological Farmers Australia); OFDC (Organic Food Development Centre); JAS (Japan Agriculture Standard) ; BCS-Oko Garantie GmbH dari Jerman.

Ida Bagus Mayun, Praktisi Perkebunan Sawit, mengatakan penggabungan bahan organik dan anorganik yang terkandung dalam pupuk Hi-Kay Bio (lengkap, berimbang dan konsentrasi tinggi) merupakan terobosan dan solusi yang baik dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi pemupukan. Selain itu, mampu mendorong produksi TBS pada tanaman kelapa sawit menghasilkan (TM), baik di Indonesia maupun Malaysia.

Manfaat lain yang diperoleh dari Hi-Kay Bio, menurut Ida Bagus Mayun, walaupun kandungan organik di dalam Hi-Kay Bio prosentasenya relatif kecil, tetapi karena aplikasi dilakukan dengan cara ditebar dan masif sehingga berpeluang meningkatkan kandungan organik di dalam tanah. Kondisi bahan organik seperti inilah yang membantu peningkatkan aktivitas mikroba tanah, seperti mycorrhiza, organisme  pelarut  posfat atau penambat N yang bersimbiosa secara mutualisme dengan tanaman kelapa sawit. 

Peningkatan aktivitas mikroba tanah di dalam pupuk ini diperoleh karena ada kandungan yeast powder dalam Nutrismart. Yeast Powder ini mempunyai bio faktor berupa cytokinin dan biotin. Fungsi dari cytokinin dan biotin dapat membantu pertumbuhan mikroba penfiksasi nitrogen; asam organik; enzim-enzim yang dapat mendorong aktivitas mikroba pelepas unsur P dan K di tanah sehingga dapat diserap perakaran, membantu kolonisasi mycorrhiza di bagian perakaran (juga akan mendorong penyerapan unsur fosfat) serta mendorong mikroba yang membantu pelepasan unsur silika di tanah.

Sementara itu, fungsi lain cytokinin akan merangsang perkembangan sel dan sistem perakaran, sehingga mendorong penyerapan pupuk oleh perakaran tanaman.

Di Malaysia, penelitian efikasi sudah dilakukan untuk menguji keunggulan pupuk NPK Hi-kay Plus Bio di dua perkebunan yaitu Keck Seng Estate Johor Masai-Malaysia (2009-2011) dan Corak Nakhoda Estate Tongod, Sabah (2004-2007). Sementara di Indonesia, PT Mest Indonesiy sudah melakukan ujicoba pada 2011 hingga sekarang, di perkebunan swasta di wilayah Bagan Batu , Riau (jenis tanah Podzolik Merah Kuning) dan Pangkalanbun Kalimantan Tengah (jenis tanah berpasir).

Untuk mendapatkan hasil optimal, pengguna pupuk dianjurkan mengikuti aplikasi Hi-Kay Plus Bio yaitu 4 kg Pupuk NPK Hikay plus + 4 kg pupuk Hikay Plus Bio (berselang seling dalam 4 rotasi setahun). Sebagai contoh, rotasi ke-1 = 2 kg Hikay plus, rotasi ke-2 = 2 kg Hikay Plus Bio; rotasi ke-3 = 2kg, Hikay Plus dan rotasi ke-4 = 2kg Hikay Plus Bio.

Dengan keunggulan dan nilai tambah yang diberikan pupuk Hi-Kay Bio, tentu saja akan memberikan keuntungan bagi pekebun sawit dalam meningkatkan hasil panen dan menjaga kesuburan tanah. Susanto Nusalim optimistis pupuk ini yang akan semakin banyak dipakai seiring dengan berkembangnya konsep perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan serta lebih ramah terhadap lingkungan. Sebab, bahan organik Nutrismart akan membantu tanah menuju kondisi ideal untuk perkembangan mikroorganisme yang menguntungkan tanaman. (Hendro/Qayuum)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp