PT Trakindo Utama : Bergerak Tangguh Di Lahan Basah

Kebutuhan excavator yang tangguh dan handal mendorong PT Trakindo Utama meluncurkan produk terbarunya  di penghujung tahun ini. 

Semakin ketatnya persaingan antar agen atau produsen excavator di Indonesia, ditandai dengan kian beragamnya kebutuhan pelaku perkebunan khususnya kelapa sawit. Supaya tetap mampu berkompetisi, masing-masing produsen merilis produk terbarunya yang telah melewati riset sesuai keinginan konsumen.

Abdurrahman, Forestry Agriculture Marketing Manager PT Trakindo Utama, mengatakan permintaan excavator semakin meningkat sepanjang tiga tahun terakhir. Tahun 2010, industri excavator kelas 11-20 ton di tingkat nasional untuk sektor perkebunan mencapai sekitar 1.600 unit, dan naik signifikan pada tahun 2012 menjadi 3.000 unit. Penjualan produk excavator berkontribusi 70%-80% dari total jumlah alat berat yang dijual di perkebunan kelapa sawit. Sedangkan, sisanya sekitar 20%-30% berasal dari segmen jenis buldozer, motor grader, compactor, backhoe loader, wheel loader dan skid steer loader.

Pada November ini, PT Trakindo Utama akan menawarkan dua produk terbaru ke pasar, yaitu CAT 313D2 LGP dan CAT 304E. CAT 313D2 LGP tergolong pada jenis small hydraulic excavator dengan konfigurasi kerangka bawah Low Ground Pressure, sehingga sangat cocok digunakan untuk aplikasi di areal rawa/gambut terutama untuk melakukan penggalian saluran pada proses pembukaan lahan kelapa sawit. Sedangkan unit 304E tergolong pada jenis Mini Hydraulic Excavator yang dibutuhkan dalam operasi perawatan infrastruktur kebun sawit.

Pertama, akan dibahas excavator CAT 313D2 LGP yang digunakan dalam kegiatan pembukaan lahan.
Excavator ini memakai mechanical engine merk Caterpillar 3054C yang memenuhi standar regulasi emisi gas buang US EPA Tier 2 dan EU Stage II, sehingga ramah lingkungan. Dengan daya sebesar Net 90 HP, unit ini sangat sesuai untuk digunakan di pekerjaan yang berat.

Kapasitas bucket excavator CAT 313D2 LGP tertinggi di kelasnya sebesar 0.65 cum. Ditambah lagi dengan jangkauan maksimum yang dimilikinya hingga 8,1 meter sehingga memberikan produktivitas tinggi di berbagai aplikasi perkebunan kelapa sawit. Jangkauan ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan penggalian saluran saat pembukaan lahan.

Kelincahan excavator ini didukung single grouser track shoe 960 mm untuk memberikan daya apung (floatation) dan traksi yang baik untuk area kerja yang basah, berlumpur ataupun rawa. Dengan semakin banyaknya perkebunan sawit menggunakan lahan rawa akan mudah bekerja apabila memakai Cat 313D2 LGP.
Supaya excavator dapat bermanuver dengan baik, unit ini memiliki ground clearance hingga 650 mm dan counterweight clearance sekitar 1.250 mm. Hal ini dibutuhkan supaya tidak terjadi hambatan sewaktu excavator bergerak di lapangan.

CAT 313D2 LGP sama seperti produk excavator Caterpillar lainnya yang terkenal efisien dalam penggunaan bahan bakar karena menggunakan sistem injeksi bahan bakar bertekanan rendah, yang dikombinasikan dengan high efficiency hydraulic system. Sistem ini merupakan solusi terbaik dalam penggunaan bahan bakar untuk menghasilkan tenaga alat yang handal, hemat bahan bakar dan mudah diperbaiki. 

Sebelum ditawarkan ke pasar komersial, 313D2 LGP ini sudah melewati proses uji coba di beberapa lokasi. Tes uji ini meliputi pengukuran konsumsi bahan bakar, ketangguhan, dan produktivitas yang dimiliki excavator. Studi ini dijalankan sampai melewati 1000 jam waktu pengoperasian. “Dari uji coba ini akan diperoleh data yang menjadi bahan referensi bagi perusahaan untuk mengetahui kualitas produk,” jelas Abdurrahman kepada SAWIT INDONESIA di Jakarta.
Produk berikutnya CAT 304E termasuk ke dalam excavator kelas 4 ton (Mini Hex). Dengan ukuran yang mungil ini menjadikan CAT 304E bergerak lincah, diantara tanaman sawit untuk melakukan rangkaian pekerjaan perawatan infrastruktur kebun.

Produk ini ditopang engine CAT C2.4 dan bertenaga 40,2 HP (Net). Kemampuan daya galinya (bucket digging force) mencapai 37,8 kN. Dengan dikombinasikan cycle time yang cepat, maka CAT 304E ini akan memberikan produktivitas tinggi. Apalagi didukung penggunaan load sensing hydraulic system, yang akan menghasilkan tenaga yang powerful, presisi dan membantu peningkatan efisiensi bahan bakar.

CAT 304E dilengkapi bucket berkapasitas 0,16 cum dan dozer blade yang bermanfaat untuk mendorong dan meratakan material tanah saat melakukan perawatan dan pembentukan jalan untuk proses panen.

Faktor kenyamanan dan keselamatan operator juga diperhatikan PT Trakindo Utama. Unit 304E ini menyediakan ruang operator yang luas dan nyaman untuk membantu daya pandang operator. Kemudian, dilengkapi dengan kanopi dengan kategori FOPS (Falling Over Protection Structure) dan TOPS (Tip-Over protection Structure).

Teknologi lain yang dimiliki CAT 313D2 LGP adalah penggunaan product link. Abdurrahman menyatakan teknologi ini memudahkan pelanggan untuk mengontrol alatnya dari jarak jauh, khususnya yang berhubungan lokasi kerja dan jam kerja alat (HM). Keunggulan lain pemilik excavator dapat mengetahui status unit apakah kondisi kerja, idle ataupun mati.

Bantuan lainnya kepada penggunaadalah didapatkannya informasi mengenai kondisi alat sebagai bagian dari kegiatan perawatan dan antisipasi terhadap kerusakan. PT Trakindo Utama memiliki satu ruangan khusus dan tim tersendiri yang akan merekam dan melaporkan perkembangan informasi excavator kepada pemilik melalui alat telekomunikasi seperti smartphone.

Product link juga memudahkan pengguna ketika terjadi kerusakan suku cadang di excavatornya, maka akan terhubung langsung kepada layanan part store online Trakindo.

Dengan kemudahan ini, pemilik alat berat tidak akan repot lagi untuk mencari suku cadang yang dibutuhkannya.
Pada tahap awal, PT Trakindo berencana merilis 100 unit untuk masing-masing tipe, guna memenuhi kebutuhan konsumen danpenjualan akan efektif berjalan mulai tahun depan yang ditujukan ke wilayah seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pengalaman PT Trakindo Utama selama lebih dari 40 tahun di industri alat berat, membuat pelaku sawit tidak khawatir dengan dukungan dan fasilitas layanan yang diberikan kepada produk Caterpillar yang dimilikinya. Abdurrahman menegaskan, sesuai visi PT Trakindo Utama yaitu menjadi penyedia solusi berkelas dunia bagi peralatan Caterpillar,

PT Trakindo Utama merupakan satu-satunya dealer alat berat yang siap bekerjasama dengan pelanggan secara total dan end to end, dimulai dari survey lapangan untuk membantu pelanggan dalam pemilihan alat, pelatihan operator secara cuma-cuma guna mendukung kelancaran operasional, kerjasama perawatan daun perbaikan, ketersediaan suku cadang.

Selain menyediakan peralatan baru, PT Trakindo Utama juga menawarkan used equipment, rental bahkan transaksi dengan skema tukar tambah. Didukung program kerjasama dengan beberapa badan finance ternama, PT Trakindo Utama juga siap memberikan solusi pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan.
Yang paling utama, PT Trakindo Utama saat ini didukung oleh lebih dari 65 kantor cabang di seluruh Indonesia yang siap memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan, sesuai tujuan dan motto kami : Our Commitment : Customer Success (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp