PT Hexindo Adiperkasa Tbk : Bertenaga Besar Dengan Efisiensi Tinggi

Di kelas 10-20 ton, PT Hexindo Adiperkasa Tbk menawarkan produk excavator Hitachi ZX seri 110M dan 210F/MF untuk pekerjaan di lahan basah. Didukung tenaga besar yang cocok melakukan pembukaan lahan.  Mempunyai sistem GPS dan komputerisasi untuk memudahkan pengoperasian excavator. 

Di kalangan pelaku sawit, Hitachi sudah dikenal sebagai excavator spesialisasi lahan basah yang bersifat multifungsi. Kemampuannya jelas tidak perlu diragukan dalam pengerjaan pembukaan lahan (land clearing) dan pembuatan kanal untuk manajemen air. Djonggi Gultom, Direktur Marketing PT Hexindo Adiperkasa Tbk, mengatakan pekerjaan pembukaan lahan sebenarnya akan membutuhkan excavator dan bulldozer. Apabila, pekebun memiliki lahan basah lebih tepat memakai excavator karena tidak akan amblas ke permukaan tanah.

PT Hexindo Adiperkasa sudah mempunyai excavator dari tipe kelas kecil seperti 5 ton, 10 ton dan kelas menengah yaitu 20 ton. Untuk kelas 20 Hitachi telah mengeluarkan seri ZX baru 210F/MF seri 5G. Produk ini memakai mesin Isuzu CC-6BG1T berkekuatan 125 Kw yang dilengkapi enam silinder dengan menggunakan system bahan bakar konfensional sehingga tidak ada kendala menggunakan kualitas solar yang beredar, serta mudah beroperasi di lahan basah. Total berat yang dimiliki ZX seri 210F/MF sebesar 22,00 ton.

Daya jangkauan Hitachi ZX seri 210F/MF mencapai 9,9 meter dan daya traksi 203 Kilo Newton. Tak heran, kekuatan excavator ini diakui sangatlah ampuh untuk mendorong pohon sewaktu pembukaan kebun. Yang menarik, pekebun tidak perlu khawatir dengan tunggul kayu lantaran ground clearance excavator ini mencapai 450 mm untuk 210F sedang ZX210MF ground clearance 585 mm .

Djonggi Gultom menuturkan Hitachi ZX 210F/MF dikenal lebih lincah dibandingkan excavator lain di kelas yang sama. Contohnya saja, kemampuan swing lebih cepat dan pompa hidrolik sudah didesain dari pabrik, yang mendapatkan dukungan sirkuit berkekuatan hingga 36,3 MPa.

Kekuatan excavator ditopang kendali otomatis terhadap kecepatan putaran mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga sewaktu excavator bekerja. Hal ini berguna untuk membantu mengurangi pekerjaan mesin yang tidak diperlukan, sehingga menjadikan konsumsi bahan bakar lebih irit. Namun, ketika bila beban bertambah sewaktu-waktu ada mode Auto Power Lift yang mampu meningkatkan tenaga sebesar 6 % secara otomatis.

Dalam pembukaan lahan, operator alat berat rentan dengan resiko kecelakaan kerja. Untuk itulah, Hitachi sangat memperhatikan aspek keamanan dalam produk Excavatornya. Ruang operator didesain bukan hanya melindungi tetapi memberikan kemudahan dalam pengoperasian. Terdapat struktur penyangga tengah yang diperkuat (CRES) dan desain kabin diperkokoh supaya menjaga keselamatan operator dari cedera berat apabila terjadi kecelakaan.

Soal perawatan mesin, konsumen tak perlu cemas karena komponen bagian depan dan bucket butuh penggantian pelumasan setiap 500 jam sekali. Mengingat, bushing dengan alur dan lubang pelumas serta thrust plates yang kuat terbuat dari resin sehingga dapat menekan biaya dan waktu pemeliharaan. Filter oli hidrolik dengan model baru cukup penggantian setiap 1.000 jam sekali sedangkan untuk penggantian oli hidrolik setiap 5.000 jam sekali. Masa pakai Hitachi ZX seri 210F/MF cukup panjang mencapai usia lima tahun.

Keunggulan utama Hitachi ZX seri 210F/MF adalah mesinnya sudah terintegrasi dengan sistem komputerisasi yang membantu pengawasan kegiatan excavator ini. Jadi, sistem ini mengaplikasikan teknologi GPS yang lokasinya akan terpantau untuk seluruh wilayah Indonesia.
“Sebagai contoh, ketika mesin berpindah dalam radius lima kilometer akan terekam di dalam data computer. Begitupula ketika excavator sedang bekerja dan posisinya idle atau tidak beroperasi. Kami menggunakan sistem GPS atau kendali jarak jauh,” kata Djonggi.

Manfaat lain dari sistem komputerisasi ini bermanfaat pula mengawasi kerja mesin excavator. Selain itu, pemilik excavator dapat mengetahui data penggunaan bahan bakar, jam pemakaian, waktu penggantian oli dan filter. Melalui sistem komputerisasi ini, pemilik operator tidak susah payah untuk mengecek pada mesin excavatornya.
“Pelanggan dapat mengetahui fasilitas pendukungnya nanti akan diberikan softwarenya. Bila tidak memiliki, kita bisa kasih informasi ke pelanggan misal unit ini dua hari lagi harus ganti filter. Ya, mereka sudah tenang untuk monitoring maintenance,” papar Djonggi.

PT Hexindo Adiperkasa Tbk berkomitmen dalam layanan perawatan yang ditunjukkan dengan komposisi karyawan sebesar 65 % berposisi sebagai mekanik dari total 1700 karyawan. Bagi perusahaan yang berdiri semenjak 1988 ini, pelayanan yang optimal sudah menjadi bagian dari visi perusahaan untuk dapat bersaing di pasar alat berat nasional.

Kepedulian terhadap konsumen ditunjukkan dengan pemberian garansi perawatan mesin sampai 4.000 jam. “Selama masa waktu 4000 jam, perusahaan siap untuk mengirim mekanik yang bertugas merawat mesin, ini sudah termasuk paket pembelian. Sedangkan, konsumen hanya cukup mengeluarkan biaya ganti oli dan filter saja,” ujar Djonggi
Dengan pengalaman selama 25 tahun lebih, PT Hexindo Adiperkasa Tbk sudah mempunyai 43 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Kantor cabang ini akan membantu pelayanan kepada pelanggan yang telah dilengkapi dengan sumber daya tenaga mekanik dan ketersediaan stok suku cadang.

Djonggi Gultom mengatakan perusahaan termasuk market leader excavator di segmen Hutan Tanaman Industri dan perkebunan. Hal ini dapat terlihat kontribusi penjualan excavator yang meningkat tiap tahunnya, sebagai gambaran pada 2011 kontribusi penjualan mencapai 31,8% dari total penjualan seluruh produk Hexindo, dan naik di tahun berikutnya sebesar 34,8 persen. Untuk tahun ini, diperkirakan dapat tumbuh sekitar 37,2%.

Djonggi Gultom menambahkan Excavator Hitachi sangat memahami kebutuhan konsumen di sektor perkebunan khususnya kelapa sawit yang menginginkan excavator dengan produktivitas tinggi, biaya operasi rendah, dan sangat handal. Hal ini dapat terlihat dari waktu breakdown yang lebih cepat sampai dari satu jam. “Di, sektor tambang produk kami mampu bekerja 24 jam non stop selama waktu tiga shift. Kalaupun berhenti, kepentingannya sekadar isi bahan bakar saja,” katanya.

Sebagai anak perusahaan langsung dari Hitachi, PT Hexindo Adiperkasa Tbk memperoleh banyak keuntungan dibandingkan dengan sebagai agen atau dealer lainnya. Menurut Djonggi Gultom, up-date teknologi perkembangan produk akan dikirimkan langsung dari Hitachi yang berpusat di Jepang.Ini artinya, ada dukungan inovasi produk sehingga membuat perusahaan lebih percaya diri dalam berkompetisi dengan perusahaan lain.

Berbagai macam kelebihan ini menjadikan PT Hexindo Adiperkasa Tbk optimis untuk menjadi pemain utama dalam bisnis alat berat di Indonesia. Djonggi Gultom mengklaim produk Hexindo menempati posisi kedua untuk pasar alat berat Hydraulic Excavator secara nasional. “Walaupun banyak produk pendatang baru dari Korea ataupun Cina. Kami yakin tetap mampu bersaing dan diterima konsumen, karena pasar produk Hexindo ditujukan khusus untuk kondisi operasional di Indonesia,” pungkasnya. (Anggar Septiadi )

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp