Prof. Hermanto Siregar : Pembenahan PTPN III Dapat Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Prof. Hermanto Siregar Guru Besar IPB mengapresiasi kebijakan PT Perkebunan Nusantara III Holding yang membenahi aset fisik dan manajemen perusahan semenjak tahun lalu. Sebab upaya yang dilakukan PTPN III mampu memperbaiki pengelolaan perusahaan sehingga dapat mendorong peningkatan produktivitas. Kendati jumlahnya tidak signifikan sekitar 10%-15%.

“Tranformasi yang dilakukan PTPN III cukup baik karena ada usaha efisiensi untuk memperbaiki kinerja perusahaan. Dengan usaha tranformasi ini, kemungkinan produksi akan meningkat secara fisik sekitar 10%-15% walaupun jumlah itu tidak besar, sudah termasuk bagus itu. Alasannya kenaikan produksi tidak signifikan ada faktor perekonomian dunia yang mempengaruhi harga komoditas nasional dan di internal perusahaan masih perlu perbaikan,” kata Hermanto Siregar ketika dihubungi oleh Sawit Indonesia pada pertengahan Januari 2017.

Dalam hal ini, ia juga mendukung rencana pembenahan manajemen PTPN III dengan mengurangi jumlah direksi dan komisaris perusahaan karena dapat memangkas anggaran perusahaan, serta memangkas proses birokrasi dalam pengambilan kebijakan. “Rencana ini sebagai sesuatu yang bagus karena akan mengurangi biaya perusahaan, keputusan dalam direksi dapat lebih cepat dan efisiensi dan kebijakan tersebut bisa cepat dilaksanakan,” jelas dia.

(Ulasan lengkap silakan baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 Januari 2016 -15 Februari 2017)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.