Hendri Saksti, Country Head of Indonesia at Wilmar International Limited Wilmar Peduli Kualitas Guru

Dalam sebuah proses pendidikan, guru merupakan faktor terpenting kemajuan siswa dan pendidikan. Bahkan maju atau mundurnya sebuah pendidikan juga bergantung kompetensi serta kualitas guru. Sebagus apa pun kurikulum dan fasilitas sekolah tanpa guru berkualitas baik, maka kegiatan pendidikan sulit berkembang baik.

Hendri Saksti, Country Head of Indonesia at Wilmar International Limited, menjelaskan bahwa Wilmar punya perhatian sangat besar terhadap kegiatan pendidikan di Indonesia terutama peningkatan kualitas guru. Dalam lima tahun terakhir, perusahaan membuat berbagai program yang bertujuan membentuk guru yang tangguh dan punya karakter wirausaha (entrepreneurship). “Semenjak lima tahun belakangan, fokus kami membantu perbaikan guru. Caranya membuat pelatihan yang rutin diadakan setiap tahun,” ujarnya.

Menurut Hendri setiap setahun sekali diadakan konferensi pelatihan guru-guru yang bersifat nasional. Wilmar memfasilitasi tenaga pengajar dari berbagai daerah di Indonesia untuk menghadiri pelatihan di mana semua biaya ditanggung oleh Wilmar. “Kita tidak pernah setengah-setengah menyelenggarakan kegiatan pelatihan guru ini. Di Sumatera Utara setidaknya sudah ada 300 guru yang telah mengikuti pelatihan kami,” ucapnya.

Dalam pelatihan tersebut, lanjut Hendri, guru tidak hanya diajarkan metode pengajaran yang tepat buat siswa. Melainkan diajarkan pula nilai mengenai enterpreneurship. “Guru itu jangan hanya mengajarkan anak untuk jadi pekerja tapi harus bisa menghasilkan. Bisa menciptakan pekerjaan. Dari situlah idenya muncul,” katanya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.