Haramax, Pupuk Pintar Berikan Solusi Maksimal

Pupuk Haramax dapat memperbaiki kesuburan tanah dan membantu efisiensi pemupukan kimia sampai 50%. Selain itu, kandungan di dalam Haramax menyuplai unsur hara lebih optimal sehingga membantu peningkatan produksi serta perlindungan tanaman dari serangan hama penyakit.

“Kandungan Haramax bikin HEBOH para pelaku usaha dan petani perkebunan sawit,” kata Juswar Halim, Presiden Direktur PT Satya Agrindo Perkasa sambil tersenyum.

Kata HEBOH disini berasal dari gabungan komposisi HARAMAX.  HEBOH berasal dari kandungan Hormon, Enzim, Bio-Mikroba, Organik, dan Humic Acid. “Jadi ada lima unsur utama di dalam pupuk bio organik ini,” seperti dijelaskan Juswar.

Kabelan Kunia, Peneliti Bioteknologi, mengatakan  hormon ini berasal dari  mikroba  alami yang berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan kelapa sawit. Selain itu, ada pula enzim yang dibuat dari produk bioteknologi. Beberapa jenis enzim yang dikandung seperti selulase, amilase, protease, fosfatase dan xylanase.

Ditambahkan Sutisna Sintaatmadja, Direktur PT Kujang Agri Mulia, enzim sangat penting dalam proses dekomposisi unsur hara yang kompleks dan berguna meningkatkan nilai nutrisi dalam  tanah.  Hormon dan enzim sangat  dibutuhkan oleh tanaman supaya dapat tumbuh lebih bagus. Baik organik maupun bio  adalah pokok-pokok utama dalam kesuburan tanah.

Menurut Kabelan Kunia, Bio menjadi komponen utama dalam HARAMAX. Bio-Mikroba mengandung 7 jenis mikroba unggul yang berperan dalam meningkatkan ketersediaan hara mineral dalam tanah.

“HARAMAX  juga cocok digunakan untuk tanah marginal terutama tanah yang berpasir dan kurang subur. Selain itu, pupuk bio ini membantu tanaman di kala musim kemarau,” kata Sutisna.

Dari aspek iklim, pemakaian pupuk HARAMAX telah terbukti menjaga pertumbuhan tanaman dan produksinya tumbuh baik di musim kemarau. Sebab HARAMAX termasuk sedikit produk pupuk yang berbasis bahan organik plus asam amino alami dan mikroba-mikroba unggul sehingga sangat tepat diaplikasikan di kebun kelapa sawit saat musim kemarau.

Menurut Kabelan bahan Organik yang baik tidak saja  mengandung bahan Organik tinggi. Tetapi harus juga mengandung hormon alami, asam amino dan mikroba unggul terutama jamur Mikoriza dan Trichoderma. Kedua  jamur ini mampu menjaga kelembaban tanah dan melindungi tanaman dari serbuan penyakit tanaman yang menyerang melalui akar seperti ganoderma.

Fungsi Trichoderma sangatlah penting di dalam perkebunan untuk menghambat perkembangan ganoderma. Sutisna menyebutkan di dalam produk HARAMAX sudah dimasukkan tiga jenis Trichoderma bukan hanya satu jenis saja.

Kandungan mikoriza di dalam HARAMAX akan mempercepat suksesi pada habitat yang terganggu secara ekstrem, termasuk tanah kekurangan air. Kabelan menuturkan mikoriza yang menginfeksi akar tanaman berperan dalam perbaikan nutrisi tanaman dan meningkatkan pertumbuhan karena hifa yang menginfeksi akar mempunyai kemampuan yang tinggi dalam meningkatkan kapasitas penyerapan unsur hara fosfat dan nitrogen dan unsur esensial lainnya.

“Dengan adanya Mikoriza, laju penyerapan unsur hara oleh akar bertambah hampir empat kali lipat dibandingkan dengan perakaran normal, demikian juga luas penyerapan akar makin bertambah hingga 80 kali,” tambahnya.

Bagi tanaman sawit yang sudah bermikoriza akan lebih tahan terhadap patogen akar seperti Ganoderma. Pemicu hadirnya ganoderma pada di perkebunan sawit tidak terlepas dari miskinnya material organik di tanah/lahan. Sebenarnya, ganoderma dapat ditemukan di  hutan alami tropis karena lingkungannya tersedia material organik di hutan yang sangat alami. Tetapi ketika ganoderma berada di perkebunan sawit yang terjadi akan kesulitan mencari bahan organik akibat  pemakaian pupuk kimia dalam jangka panjang.

“Karena tidak adanya bahan organik inilah yang membuat ganoderma akan mencari makanan  dari yang terdekat seperti batang pohon,” ujarnya.

Dengan adanya jaringan hifa Mikoriza, kata Kabelan, bisa menyelimuti akar tanaman sawit sehingga  mampu melindungi akar. Di samping itu, beberapa mikoriza mampu menghasilkan antibiotik yang dapat menyerang bakteri, virus, dan jamur yang bersifat patogen terhadap tanaman.

Sementara itu, kandungan Humic Acid menjadi bahan utama untuk meningkatkan keasaman (pH) tanah dan memiliki Kapasitas Tukar Kation (KTK) sehingga pupuk menjadi slowrelease dan dapat mengurangi kehilangan hara akibat leaching, evaporasi, dan run off yang dapat digunakan menjadi pembenah tanah.

Solusi Maksimal

Penggunaan HARAMAX yang intensif dan tepat guna bisa menghemat pemakaian pupuk kimia sampai 50 persen. Sutisna Sintaatmadja menjelaskan  bahwa lima kandungan utama HARAMAX sudah mencukupi kebutuhan hara dari tanaman. Dengan begitu kandungan di dalam pupuk NPK tidak perlu diberikan dalam jumlah banyak kepada tanaman. Karena semakin sering mengaplikasikan pupuk berbasis bio, asam amino dan mikroba unggul ke tanah akan berdampak positif kepada kesuburan tanah, produktivitas meningkat, dan biaya pemupukan menjadi hemat.

“Penggunaan pupuk kimia dapat ditekan sampai 50% begitupula untuk pestisida dan pupuk kimia,” kata Sutisna.

Sebagai contoh ketika perkebunan sudah terbiasa mengaplikasikan pupuk tunggal (Urea, Fosfat, dan KCl) dengan rata-rata dosis awal  9 Kilogram per pohon per tahun. Ketika sudah menggunakan Pupuk HARAMAX selanjutnya pemakaian pupuk tunggal bisa ditekan sampai rata-rata 4,5 Kilogram saja per pohon per tahun.

“Yang perlu ditekankan disini bahwa HARAMAX bersifat pelengkap (komplementer) bagi pupuk urea. Pengurangan pupuk tunggal secara bertahap akan berdampak positif kepada lingkungan dan mengurangi pupuk impor tunggal,” kata Juswar Halim.

Sama halnya bagi perkebunan yang memberikan pupuk majemuk (NPK lain) dengan rata-rata dosis awal  8 Kilogram per pohon per tahun. Setelah pupuk HARAMAX diberikan maka  aplikasi pupuk NPK lain berkurang rata-rata 4 Kilogram per pohon per tahun.

Menurut Kabelan, bagi perkebunan yang sudah mengaplikasikan pupuk NPK  Hi-Grade dengan rata-rata dosis awal  6 Kilogram per pohon per tahun. Dengan begitu pemakaian pupuk HARAMAX sudah tidak diperlukan lagi. Karena di dalam pupuk NPK Hi-Grade sudah terpenuhi sebagian besar kandungan yang terdapat di dalam HARAMAX.

Kabelan mengatakan aplikasi HARAMAX  dapat  memasok secara optimal unsur hara mineral yang dibutuhkan tanaman selama pertumbuhannya. Manfaat lainnya adalah memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah walhasil  tanaman dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik. (Qayuum Amri)

(Ulasan lengkap silakan baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 November-15 Desember 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.