Dua Sekolah Binaan BGA Raih Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Kotim

Dua sekolah Binaan Bumitama Gunajaya (BGA) Group yang berada di dalam naungan Bumitama Foundation meraih  penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng pada akhir 2017. Kedua sekolah binaan tersebut adalah SMK Gunajaya dan SMPS 1 Bumitama di Antang Kalang, Kotawaringin Timur, Kalimantan Selatan.

Kedua sekolah tersebut merasa sangat bersyukur dapat masuk dalam program Adiwiyata yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur. Melalui program ini, baik SMK Gunajaya dan SMPS 1 Bumitama semakin bergairah dalam usahanya untuk menjadikan sekolah yang berwasan lingkungan, hijau, terbebas dari sampah, bebas asap rokok dan terjaga dari makanan yang mengandung banyak bahan pengawet.

Dengan meraih penghargaan Adiwiyata ini akan mendukung kegiatan belajar mengajar semakin nyaman karena adanya lingkungan yang sejuk serta seluruh guru dan siswa dalam kondisi yang sehat dan siap untuk mengikuti pembelajaran. Lebih dari itu, SMK Gunajaya juga dapat bersaing dalam hal pendidikan, prestasi  dan kebersihan lingkungan dengan sekolah negeri dan sekolah yang berada di perkotaan yang notabene adalah sekolah yang sudah maju.

Proses penilaian sekolah Adiwiyata dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawingin Timur yang diwakili oleh Sri Fatmawati pada 5 Desember 2017 di lingkungan pendidikan Yayasan Bumitama Area 1 termasuk di SMK Gunajaya dan SMPS 1. Penilaian meliputi beberapa aspek antara lain kegiatan kebersihan, keindahan dan kenyamanan belajar mengajar.

Setelah melewati serangkaian penilaian, SMK Gunajaya dan SMPS 1 ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sanggol Lumban Gaol, SH. MM pada tanggal 21 dan 22 Desember 2017 di Aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur. Selanjutnya, Bupati Kotawaringin Timur, H. Supian Hadi, S.I. Kom menyerahkan tropi dan piagam penghargaan kepada kedua sekolah tadi.

Penetapan sekolah Adiwiyata di Kabupaten Kotawaringin Timur diikuti oleh beberapa sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK. SMPS 1 Bumitama Antang Kalang merupakan salah satu sekolah yang ditetapkan sebagai peserta Adiwiyata yang penetapannya pada 22 Desember 2017 oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Peserta Program Sekolah Adiwiyata ini adalah seluruh sekolah yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur. Termasuk sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Bumitama Area 1, yaitu  SMK Gunajaya dan SMPS Bumitama Antang Kalang. Adapun pelaksana dari program Adiwiyata di SMK Gunajaya adalah Kepala SMK Gunajaya Sri Indarini.

Sebagai tindak lanjut dari penetapan sebagai Sekolah Adiwiyata, maka kedua sekolah tersebut melaksanakan beberapa improvement untuk meningkatkan kepedulian dengan lingkungan sekitar dan karakter warga sekolah khususnya dan umumnya masyarakat sekitar.

Program tindak lanjut ini juga bertujuan SMK Gunajaya dapat masuk sebagai nominasi Sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi Kalimantan Tengah. Program-program tersebut antara lain : Green House, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Bank Sampah, Kebersihan dan Keindahan Lingkungan Sekolah, Komposting, Penanaman Tanaman Toga dan Hutan Mini.

Dengan mengikuti program Adiwiyata, guru dan siswa sekolah  sangat antusias dan siap mendukung suksesnya program Adiwiyata ini di SMK Gunajaya dan SMPS 1. Dukungan ini ditunjukkan melalui  kegiatan berbasis lingkungan di antara lain pembuatan biopori, penanaman tanaman toga, pembuatan tempat sampah organik dan non organik, pembuatan green house untuk tenaman-tanaman jenis tertentu, penanaman pohon perindang, tanaman buah dan tanaman hias, pemeriksaan secara berkala terhadap makanan dan minuman yang disediakan di kantin sekolah.

Bupati Kotawaringain Timur, Bapak H. Supian Hadi, S.I.Kom dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Timur, Bapak Sanggol Lumban Gaol, SH, MM sangat mengapresiasi dan mendukung adanya program sekolah Adiwiyata ini, karena sekolah-sekolah yang masuk dalam program Adiwiyata ini secara langsung dapat mendukung program pemerintah tentang kebersihan lingkungan, kesehatan lingkungan, keindahan lingkungan. Alhasil, pelaksanaan program Sekolah Adiwiyata apat meminimalisir bencana lingkungan sebagai sumber dari beberapa penyakit.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp