Wintor, Mini Traktor Buatan Indonesia

Anak perusahaan Grup Astra telah memproduksi mini traktor buatan dalam negeri yang diberi nama WINTOR. Desain dan proses produksi dijalankan oleh PT Velasto Indonesia merupakan anak perusahaaan dari Grup Astra Otoparts. Sampai tahun ini, populasi Wintor lebih dari 1000 unit. Reiza Treistanto, Direktur PT Velasto Indonesia – Cikarang Plant, mengatakan kehadiran WINTOR sebagai produk asli Indonesia diharapkan  memberikan kontribusi yang nyata dalam mendukung program mekanisasi di perkebunan sawit dan membantu meningkatkan produktivitas panen sawit.

Menurutnya, Wintor memposisikan diri sebagai mini traktor untuk mengangkut buah kelapa sawit dan pupuk di dalam area perkebunan (infield ) terutama lahan dengan kontur tanah  datar dan berbukit.

Dalam pameran INAPALM 2016, PT Velasto Indonesia menampilkan dua  tipe Wintor. Pertama, WINTOR X-PLORER khusus digunakan pada area infield. Selain itu dirancang untuk membantu produsen sawit melalui kegiatan panen dan pemupukan. Unit ini tersedia dalam tipe standard plus dengan kemampuan dumping bin otomatis dengan sistem hidrolik. WINTOR terdiri dua varian produk yaitu XP 500 Harvesting & XP 300 Composting. Unit ini dipakai untuk lahan yang relatif datar.

Selanjutnya WINTOR X-HILL dengan tipe XH 500 sangatlah cocok bagi perkebunan dengan lahan berbukit ekstrem dengan lebar jalan yang sempit. Desain unit ini lebih ramping tetapi tidak mengurangi kemampuan angkutnya yang mencapai 400-500 kilogram. Unit ini membutuhkan satu operator sehingga kegiatan perusahaan lebih efisien. Unit ini memakai tapak crawler dari metal. Crawler  metal dipilih karena untuk kebutuhan traksi lahan perbukitan yang ekstrem, grip lebih bagus dan bentuknya bilah-bilah. Bilah metal ini sengaja didesain untuk mempermudah perawatan setelah dipakai.

Keunggulan yang dimiliki WINTOR sebagai mini traktor yaitu dengan biaya operasional murah. Estimasi biaya dengan WINTOR XP 500 diperkirakan sekitar Rp 40 per kilogram sudah termasuk nilai investasi unit, penggantian suku cadang, gaji dua orang operator  untuk area seluas 30 hektare. Dengan produktivitas bisa mencapai 16 ton/hari.

Penggunaan mesin Kubota 10 HP menjadikan unit ini memiliki kemampuan sangat baik untuk membawa buah dan pupuk.  Kapasitas angkut WINTOR  rata-rata 500 kilogram. Selain itu, rata-rata konsumsi bahan bakar 0,5 liter per jam.

Reiza Treistanto mengatakan fitur ini menjadiksn WINTOR sebagai mini traktor  dengan performa tinggi namun irit bahan bakar. Kelebihan lainnya,  ketersediaan dan kemudahan mendapatkan suku cadangnya. PT Valesto Indonesia – Cikarang Plant sangat memperhatikan masalah suku cadang supaya tetap tersedia di kebun. Artinya,ketika  ada unit yang rusak maka tidak butuh waktu lama untuk menjadikan unit normal kembali.

Disinilah, kata Reiza, diterapkan manajemen level stok suku cadang yang berbasis software  canggih. Ditambah lagi dukungan after sales service dari aspek teknisi ahli yang berpengalaman dan profesional yang siap memberikan solusi atas permasahan teknis.

(Ulasan lebih lengkap silakan baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 September-15 Oktober 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.