Wahana Inti Selaras, Dealer Baru John Deere di Indonesia

PT Wahana Inti Selaras (WISEL) resmi ditunjuk  menjadi National Authorized Dealer oleh John Deere Pte Limited untuk wilayah Indonesia pada Februari lalu. Demi meningkatkan kepercayaan  konsumen, WISEL menyediakan lini produk lengkap dan layanan purna jual maksimal.

Nama John Deere  sulit dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan nasional  khususnya traktor 4 roda. Produk yang berasal dari pabrikan Amerika  Serikat sangat  familiar di kalangan petani dan pengusaha. Tak terkecuali di industri sawit, traktor John Deere sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi dalam proses panen hingga perawatan tanaman di perkebunan.

Di Indonesia, agen penjualan John Deere dan juga after sales nya dipegang oleh PT Wahana Inti Selaras mulai Februari yang lalu. Sudiono Widjaja, Chief Operating Officer PT Wahana Inti Selaras, mengungkapkan perusahaan ditunjuk oleh John Deere untuk memasarkan produk-produk John Deere di sektor agriculture & farming.

“Kami resmi menjadi National Authorized Dealer untuk product John Deere di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan di Indonesia. Dan kami akan fokus kepada sektor–sektor tersebut,” jelas Sudiono.

PT Wahana Inti Selaras –  anak usaha Indomobil Grup – ini memenuhi kebutuhan farm traktor mulai dari yang berkapasitas tenaga 30 HP hingga 300 HP.  Bukan hanya farm traktor, Produk lain yang disediakan adalah  alat panen (harvester) untuk tanaman tebu dan beberapa implement untuk aplikasi tanaman lain seperti jagung, padi, dan juga singkong, serta beberapa aplikasi untuk pakan ternak.

Di industri sawit,  lini produk John Deere sangat beragam untuk mendukung kegiatan proses pemanenan,  pemupukan, dan  penyemprotan pestisida  maupun  transportasi.

Unit John Deere memiliki berbagai model sesuai kegiatan di perkebunan sawit.  Sebagai contoh, kegiatan infield collection bisa memakai model John Deere 3036 E – 4 WD berkapasitas tenaga 36 HP. Dan untuk kegiatan pengumpulan buah sawit di collection road dapat memakai seri John Deere 5715 dan 5090 E di kelas 90 HP, serta jika memiliki lahan topografi yang cukup ekstrim tingkat kemiringannya bisa menggunakan model seri 6100 atau 6110 dengan tenaga 110 HP dan 117 HP.

“Sementara kegiatan pemupukan sebaiknya memakai John Deere 5045 D – 4 WD dengan kapasitas tenaga 45 HP, dan untuk semua produk farm tractor John Deere ini di lengkapi dengan  Roll Over Protection Structure atau lebih di kenal dengan ROPS yaitu suatu sistem atau struktur yang di pasang untuk melindungi alat atau unit terutama operator atau pengemudi tractor dari kecelakaan ketika unit tractor terguling,” ungkap Ady Herru Sancoko Mardiono, Sales and Marketing Head PT Wahana Inti Selaras.

Guna memenuhi kebutuhan konsumen, PT Wahana Inti Selaras juga menyediakan attachment/implement tambahan di traktor John Deere. Seperti fertilizer spreader untuk proses pemupukan, grabber dalam proses infield collection, dan lainnya.

Sudiono Widjaja menyampaikan bahwa  proses mekanisasi di kebun melalui penggunaan traktor dan attachment akan membantu pihak user atau perusahaan kelapa sawit  dalam memberikan nilai tambah lebih. Terutama di tengah kondisi sulitnya mencari tenaga kerja di kebun, ditambah isu moratorium sawit yang harus disiasati pelaku industri supaya produktivitas tetap tinggi.

Lebih lanjut, menurutnya, industri sawit tidak mudah untuk memperluas  lahannya. Disitulah terdapat peluang meningkatkan produksi melalui pola mekanisasi dan memberikan total solusi bagi industri sawit. Oleh karenanya kalau melihat dari sisi tersebut kebutuhan alat berat khususnya traktor akan tetap ada bahkan terus meningkat untuk menjaga efisiensi dan meningkatkan produktivitas,” ungkap Sudiono.

Selain  lini produk yang lengkap untuk mendukung kemampuan perusahaan bersaing di pasar farm tractor, PT Wahana Inti Selaras juga  mempersiapkan layanan purna jual yang prima. Kendati baru beroperasi  beberapa bulan, PT Wahana Inti Selaras  punya empat kantor cabang yaitu di, Palembang, Lampung, Surabaya, Medan, dan satu kantor pusat di Jakarta.

Hingga akhir tahun,  Sudiono menargetkan penambahan jumlah kantor cabang sebanyak  7 kantor.   Berlokasi di Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Sorong, Pekanbaru dan Padang. Seluruh kantor cabang ini  akan menyediakan layanan purna jual seperti dukungan suku cadang, kontrak servis  sampai rebuilding unit.

(Selengkapnya silakan baca di Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 Juni-15 Juli 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.