Traktor Kubota Bergerak Lincah dan Irit

Kubota menghadirkan traktor perkebunan berkapasitas kecil yang cocok digunakan industri perkebunan sawit. Traktor ini menawarkan konsumsi bahan bakar irit dan mampu bergerak lincah di medan basah.

Traktor berkapasitas kecil biasa digunakan di perkebunan sawit untuk proses mekanisasi dari mulai pembibitan, maintenance hingga pengangkutan hasil panen. Dengan ukuran yang kecil, Traktor Kubota mampu masuk ke jalur-jalur sempit untuk mengangkut hasil panen dengan implement tambahan atau untuk aplikasi pupuk dan pestisida dengan ditambahkan sprayer.

“Untuk traktor kelas besar kami memang masih terbatas (model)untuk dipasarkan di Indonesia. Makanya,  kami cari pasar lain yang membutuhkan traktor Kubota berkapasitas kecil sesuai kebutuhan customer di Indonesia,” ungkap Melinda Tunjung Wulan, Sales Departement PT Kubota Machinery Indonesia.

Traktor Kubota menawarkan dua produk unggulan  untuk menggaet permintaan unit traktor kecil,  yaitu, Kubota L3608 di kelas 36 HP dan Kubota B2420 di kelas 24 HP. Kubota L3608 yang mengandalkan mesin diesel injeksi langsung besutan Kubota yaitu D1703-M-DI.

Kubota L3608 sangat cocok diaplikasikan di lahan basah seperti gambut atau sawah. Performa traktor ini ditunjang sistem penggerak 2 WD menjadi 4 WD. Dengan memilih mode 4 WD tenaga penggerak juga disalurkan ke roda depan sehingga roda tidak mudah selip dan bekerja lebih efektif.

Sistem penggerak roda depan Kubota L3608 mengandalkan bevel gir asli dari Kubota yang kompak, sedangkan casing gir benar-benar kedap udara dan dilumasi oli secara terus menerus untuk memastikan performa kedap air yang luar biasa. Traktor ini juga dibuat supaya lumpur dan rumput tidak masuk ke bagian dalam.

Sedangkan, Kubota B2420 mengandalkan mesin asli Kubota tipe Three Vortex Combustion System (E-TVCS) yang telah diakui akan kestabilan daya, kebisingan, dan getaran yang rendah, serta proses starter mesin yang cepat. Dengan E-TVCS Kubota B2420 mampu menghasilkan tenaga besar dan torsi tinggi dengan emisi yang lebih bersih.

Dengan kapasitas tangki bahan bakar yang besar yaitu sebesar 26 liter, Kubota B2420 juga memungkinkan traktor bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa harus sering berhenti untuk isi ulang bahan bakar.

“Kalau (traktor) Jepang  ini memang terkenal irit soal bahan bakar dari mesin yang diproduksinya. Ini semua juga kita masih built up dari Jepang. Jadi untuk bahan bakar, mesin kami lebih irit dibandingkan yang lain,” kata Melinda.

Kubota B2420 memiliki pengait tiga titik kategori satu yang sangat kuat dan didesain untuk mengakomodasi berbagai implemen dengan cepat. Dengan kapasistas angkut mencapai 750 Kilogram, Kubota B2420 mampu membawa sprayer dan bak pengangkut TBS.

Tak hanya unggul dari segi mesin, kedua traktor ini juga punya performa yang mumpuni dengan fitur putaran PTO yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kubota L3608 memiliki opsi putaran PTO 540 RPM atau 750 RPM. Sedangkan Kubota B2420 memiliki opsi putaran PTO 540 RPM dan 960 RPM. Opsi putaran PTO ini tentu semakin memberikan customer hasil aplikasi sesuai kebutuhan dengan memuaskan.

(Selengkapnya baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 November-15 Desember 2015)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.