Roto Pumps: Total Solusi Pompa Di Aplikasi Lumpur Dan Cpo Pks

ROTO RJ SERIES ( DOSING CHEMICAL PUMPS )

 Penggunaan ROTO PUMPS sangatlah cocok digunakan dalam aplikasi limbah dan pemompaan CPO. Kapasitas hantaran besar  dengan penggunaan konsumsi listrik yang relatif sangat kecil dan aliran  yang sangat konstan dalam mengantar media liquid berupa cairan dan padatan dalam bentuk lumpur.Daya tahan pompa yang kuat dan kemampuan menyedot sampai 9 MWC dalam kondisi “ negative suction ”baik CPO maupun cairan & padatan lainnya menjadikan pompa ini patut dipertimbangkan untuk dipakai di berbagai aplikasi stasiun di PKS.

Seiring dengan pesatnya kemajuan industri sawit perlu didukung kecanggihan teknologi dalam proses pengolahan minyak sawit di pabrik. Kebutuhan terhadap pompa yang dapat membawa minyak maupun cairan dan padatan lain secara penuh maupun efisien telah menjadi perhatian pelaku sawit khususnya di pabrik. ROTO PUMPS menjadi alternatif pompa yang dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi di perkebunan sawit seperti pengolahan limbah dan pengiriman CPO.

APLIKASI ROTO PUMPS DI KOLAM LIMBAH ( EFFLUENT POND )

Alexander Angwiranata, Direktur Marketing PT Traglopindo Utama, menjelaskan ROTO PUMPS memiliki teknologi yang baik untuk menopang kemajuan industri sawit dari aspek mutu dan kualitas. Salah satunya membantu aplikasi pengolahan limbah cair atau Palm Oil Mill Effluent (POME) untuk dijadikan pupuk cair. Umumnya, pelaku sawit telah lama menggunakan pompa centrifugal atau di Indonesia lebih dikenal dengan pompa impeller (pompa baling-baling ) di kolam POME. Padahal, pompa centrifugal menyebabkan limbah mengendap di dasar kolam dan  pada gilirannya limbah akan  luber keluar  dari kolam Penampungan Limbah.

“Akibatnya pelaku sawit yang dirugikan karena dituding mencemari lingkungan sekitar. Apalagi sekarang ini sudah ada kewajiban para pelaku sawit untuk mematuhi kriteria ISPO dan RSPO yang salah satunya berisi hukuman,denda dan kewajiban larangan merusak lingkungan,” kata Alexander.

Pengunaan pompa centrifugal menggunakan pola kerja impeler atau baling-baling dengan rata rata kecepatan putaran kecepatan motor 1500 RPM. Jadi apabila semakin jauh jarak antaran kolam limbah dengan kebun maka diperlukan kekuatan lebih tinggi untuk membawa cairan limbah hingga mencapai putaran motor mencapai lebih dari 3000 RPM dan konsumsi daya listrik yang semakin besar tentunya.

Sebagai gambaran, apabila kapasitas limbah lumpur sebesar 60 m3/hr dan jarak hantaran 4 kilometer untuk land aplication. Apabila memakai pompa  impeller maka cenderung membutuhkan kecepatan motor 3000 RPM dengan konsumsi daya listrik lebih kurang 85 KW dengan hasil output  di ujung hantaran yang tidak konstan dan rasio efisiensi berkisar  60%-70% saja. Sedangkan untuk kasus yang sama di ROTO PUMPS, biasanya  hanya membutuhkan kecepatan motor 300 RPM saja dan komsumsi daya litrik hanya 18,5 KW dengan output limbah lumpur yang sangat stabil dan konstan dengan tingkat efisiensi hampir 90%- 100%.

“Bayangkan sendiri total penghematan konsumsi daya listrik dan penghematan biaya operasional pabrik yang cukup besar dan sangat menguntungan bagi pihak pabrikan apabila banyak memakai ROTO PUMPS di berbagai  stasiun yang ada di  PKS. Hal ini disebabkan kecenderungan biaya kalori energi yang semakin mahal dari tahun ke tahun di Indonesia khususnya dan di dunia umumnya,”papar Alex.

Kelebihan lain dari pemakaian ROTO PUMPS adalah stabilnya  cairan limbah lumpur yang ditarik dan dihantar  kebanyakan adalah solid padatan sampai di ujung hantaran karena sistem kerjanya ulir vakum dibanding dengan pompa centrifugal yang sistem baling-baling karena tidak semua limbah yang ditariknya itu 100% limbah. “Melainkan lebih banyak air daripada  lumpur karena memakai  sistem baling-baling yang cenderung sering macet tersumbat karena terhisap udara luar sehingga motor sering terbakar dan baling baling yang memutar di lumpur cenderung cepat aus karena putaran dengan kecepatan tinggi,” papar Alex.

Untuk pemakaian ROTO PUMPS di stasiun limbah lainnya dipersilahkan untuk hubungi Marketing Engineer PT Traglopindo Utama yang ada di lapangan,  misalkan di Stasiun Cooling Pond, Anerobic pond, Aerobic Pond, Recirculation Pond, Desilting Pond, CompostIng Station & Bio Gas plant.

SISTEM KERJA ROTO PUMPS

Dengan kehadiran ROTO PUMPS di Indonesia, pengelolaan limbah tidak lagi menjadi masalah di lapangan karena cara kerjanya berbeda dengan pompa centrifugal. Pompa ini menggunakan rotor heliks tunggal metalik memutar eksentris di dalam stator elastomer ganda ulir heliks yang menyebabkan dua kali putaran sepanjang rotor. Karena profil yang unik dari rotor dan stator serangkaian rongga tertutup diciptakan sepanjang 180 derajat. Jadi, rotor mulai berputar di dalam stator, rongga- rongga ini maju dari sisi rongga masuk ke sisi rongga keluar. Begitu satu sisi rongga berkurang, rongga sebaliknya meningkat pada tingkat yang sama. Hal ini menimbulkan peningkatan yang sama, konstan, dan pusaran yang hampir tidak mengacau melalui elemen pemompaan.

Kecocokan interferensi antara rongga rotor dan stator di dalam prinsip pompa rongga progresif, pompa PC mampu menangani aliran bebas sampai cairan yang sangat kental, dari cairan bening sampai cairan yang sarat padatan tanpa takut tersumbat maupun dengan cairan udara/gas terperangkap tanpa rasa takut terjadinya kavitasi (pengadukan). Lantaran, operasi dalam putaran lambat, pompa PC mampu menangani cairan sensitif geseran tanpa merubah karakteristik cairan atau emulsifikasi minimal sehingga cocok untuk banyak jenis cairan kritis terkait proses produksi.

KEUNGGULAN DESAIN KARAKTERISTIK& FITUR ROTO PUMP

 

  • CONSTANT FLOW: Produk pompa yang ROTO PUMPS memiliki kemampuan “Constant Flow “ misalkan saja starting pompa daya hisap awal sebanyak 60 ton dari kolam limbah, maka output limbah yang keluar di ujung pipa  kebun tetap mencapai 60 ton penuh dan stabil
  • BIG CAPACITY , LOW RPM & LOW POWER CONSUMPTION: nilai tambah yang dimiliki ROTO PUMPS memiliki kapasitas besar, kecepatan motoran rendah dengan konsumsi daya ampere lebih sedikit
  • LOW EMULSION: Selain itu dengan rendahnya emulsi membuat tingkat losses OER rendah yang pada gilirannya dapat meningkatkan OER pabrik di stasiun klarifikasi
  • POSITIVE DISPLACEMENT:  ROTO PUMPS  dengan unsur rotor elemen berputar tunggal  maka pembentukan ruang kavitas akan memuculkan aliran hantaran yang seragam, terukur dan putaran yang tidak mengacau.  Karena merupakan pompa perpindahan positif rotari yang kapasitas alirannya berbanding lurus dengan kecepatan pompa tapi tidak bergantung kepada head delivery. Hal ini memungkinkan pompa untuk menjadi lebih efisien sewaktu menangani tingkat aliran rendah dalam perpindahan jarak jauh. 
  • SINGLE ROTATING ELEMENTS: Dengan unsur elemen berputar tunggal maka ROTO PUMPS  tidak diharuskan memakai  bantuan Foot Valve ataupun Check Valve dan roda gigi sehingga memberikan jaminan kemudahan pemeliharaan dan tentunya lebih sederhana. 
  • LOW NPHSR (R) & HIGH SUCTION  LIFT CAPABILITIES: Mempunyai kecepatan internal yang lebih rendah sehingga mampu menangani cairan lembut dan dapat memberikan proses kerja lebih lama dengan minimnya benturan gesekan walaupun cairan tersebut bersifat abrasif dan korosif. Selain itu, dengan kemampuan NPSHR rendah yang dimiliki, maka kemampuan sedot mengangkat tanpa bantuan foot valve atau check valve s/d 9 MWC. Pompa ini boleh juga disebut Negative Suction Pump ( pompa hisap negatif ).

 

 

  • LOW INTERNAL VELOCITY: Mampu memindahkan fluida yang sifatnya sensitif.
  • SELF PRIMING: Pompa dapat mengisi secara alami tanpa perlu diisi cairan secara langsung  atau tangki priming.
  • FREE AIR LOCK, VAPOR LOCK& CAVITATION: Pompa dapat mengatasi udara terperangkap atau gas terperangkap tanpa khawatir terjadi kavitasi (pengadukan ).
  • NON CLOGGING: Mampu mengatasi solid padatan ataupun media yang mengandung persentase padatan cukup tinggi tanpa khawatir menjadi tumpah.
  • CAN HANDLE  HIGH VISCOSITIES:  Dapat mengatasi viskositas diatas 3.000.000 CST.
  • REVERSIBLE: Fleksibilitas dalam pengoperasian mengisi maupun menguras tangki.

 

Menurut Alexander Angwiranata, keunggulan komparatif ROTO PUMPS yang tidak dimiliki pompa sejenis lainnya yaitu jalur masuk stator yang meruncing, peningkatan desain rumah pompa, desain shaft sealing pintar, bearing lebih kokoh, optimalisasi rotor & stator yang lebih kuat dan geometris, serta sambungan Universal Cardant Joint yang teruji kekuatannya. 

APLIKASI ROTO PUMP DI PKS

Berdasarkan kombinasi unik keunggulan desain karakteristik dan fitur ROTO PUMPS dengan keunggulan komparatif yang didesain khusus untuk PKS sudah beredar selama kurang lebih 30 Tahun di pasaran, dengan jumlah pompa lebih dari 10.000 unit telah berhasil di aplikasikan untuk kegunaaan antara lain:

 

  • Transfer minyak mentah CPO dari Crude Oil Tank ( COT  ) ke Continous Storage Tank (  CST )
  • Transfer minyak mentah CPO dari Continous Storage Tank (  CST ) ke Vacuum Drier
  • Transfer minyak mentah CPO dari Vacuum Drier ke Storage Tank
  • Transfer minyak skim berlumpur dari Centrifuge ke Oil Trap
  • Transfer minyak skim dari Sludge Pit ke stasiun proses untuk recovery
  • Transfer minyak Kondensat  dari Sterilizer ke Oil Trap
  • Transfer minyak untuk Dispatch Oil
  • Transfer bahan kimia dosing di stasiun Dosing Kimia
  • Transfer minyak di pompa Decanter Feeding dan transfer lumpur Komposting Decanter 2 Phaase untuk pembuangan
  • Transfer lumpur Decanter 2 Phase untuk komposting di Pabrik Bio Gas 
  • Transfer air di Stasiun Water Intake yang  lebih hemat konsumsi daya listriknya.

 

PT Traglopindo Utama memiliki enam model ROTO PUMPS antara lain seri RD untuk kapasitas kecil, seri RM untuk kapasitas menengah ke besar, seri RL untuk kapasitas extra besar, seri WM untuk widethroat, seri KM untuk widethroat with bridgebreaker, dan seri DM untuk wine &beverage.

Selain itu ROTO PUMPS memilki pompa khusus untuk Dosing Chemical yakni tipe RJ dengan bodi keseluruhan dari stainless steel 316 ataupun stainless khusus lain seperti Hastealloy, Duplex, dan Aloy 20. Pompa ini keunggulannya lebih tahan lama karena sistem pompa screw, dan gesekan sedikit karena putaran lambat sehingga tidak membutuhkan penggantian  Dengan membran yang cenderung  sering.

Sedangkan untuk pompa  kapasitas besar s/d 500 m3/hr dan pressure cukup jauh sampai 40 Bar maka ROTO PUMPS mengeluarkan seri ROTO PUMPS type TWIN SCREW untuk cairan yang sangat cair sampai dengan cairan yang sarat dengan solid padatan baik yang korosif maupun abrasif . Misalkan CPO PKS pompa ke kapal tanker atau sebaliknya ataupun  untuk refineri, fraksinasi, interesterifikasi, biogas dan biokimia dengan segala produk turunannya.  

Pompa menggunakan teknologi yang sudah di-reengineering lebih maju dari India yang berkantor  pusat di  sana. Lalu, kantor pengembangan regional dan fasilitas gudang di Inggris dan Australia sebagai pemain Pompa PC kelas dunia. Kelebihan produk adalah rotor atau penggerak menggunakan stainless steel 410 HC hardenning case dibandingkan pompa sejenis lainnya yang hanya menggunakan  stainless steel 316, sehingga ROTO PUMPS tahan asam dan tahan gesekan pada saat bersamaan. “Pompa kami memakai sambungan shaft ke rotor tipe cardan universal joint yang bergaransi 2 tahun ( 6000 HM ) lamanya dibanding pesaing secara umumnya yang memakai pint & bush yang cenderung bertahan di umur ekonomis  sekitar 2.000 HM saja” kata Alex.

“Ditambahkan kembali, ROTO PUMPS bodi bawah rumah pompa tidak merupakan pipa  lurus sehingga dapat menghindari resiko kebocoran. Tambahan lainnya adalah adanya body housing bearing, sehingga seandainya bearing pecah cukup bongkar housing bearing belakang saja tanpa bongkar pompa keseluruhan, Khusus ROTO PUMPS bearing produk kami berjumlah 2 unit sehingga lebih stabil dibanding produk yang ada di pasaran yang umumnya hanya 1 unit bearing saja sehingga resiko bearing pecah akibat overload lebih rendah,“ujar Alexander Angwiranata menutup wawancaranya.

PT. TRAGLOPINDOUTAMA selaku Distributor & Agent di Indonesia  memiliki stok dan spareparts  ROTO PUMPS dengan layanan purna jual  berkantor pusat di Medan. Dengan  kantor perwakilan di  Pekan Baru dan  kantor cabang serta gudang di Sampit  guna memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan visi perusahaan di website yaitu “Melayani Sepenuh Hati-Kami Memberikan Bukti Yang Baik,Bukan Janji!!! “. 

Untuk pertanyaan dan penggunaan di Stasiun lainnya di PKS, KCP, Refinery, Bio Chemical, Bio Gas dan  Industri lainnya. Silakan enquiries ke: traglopindoutama@yahoo.com atau hubungi No Telp/ Fax (061) 7321388- 7351388/ 7351836 atau hubungi sesuai dengan alamat Website perusahaan http://www.traglopindoutama.com (adv)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp