PT Traglopindo Utama: Tawarkan Mesin Kokoh Dan Efisien

PT Traglopindo Utama memberikan solusi kepada pelaku usaha pabrik kelapa sawit dan pabrik minyak inti sawit untuk menggunakan mesin yang bernilai tambah tinggi. Adapun nilai tambah yang diberikan ini fungsinya akan meningkatkan hasil produksi sekaligus pendapatan perusahaan dengan  menggunakan mesin berkualitas tinggi. Produk yang ditawarkan adalah seri mesin merek MVANCE berupa MB 900R EFB Presser,MS 800R EFB Shredders, M-6000 FFB Chrusher/Splitter, M-15 Palm Kernel Screw Press, FP-7500 Filter Press, dan HM-7000 Hammer Mill. 

Alexander Angwiranata, Direktur Marketing PT Traglopindo Utama, mengatakan sebagian besar tipe mesin M-VANCE telah mendapatkan hak paten, dimana merupakan “ Total  Reenginering & Problem Solving”  daripada mesin-mesin yang banyak beredar di pasaran selama ini. “Pada umumnya, mesin- mesin  tersebut  hanya bermain di tingkat persaingan harga  yang lebh murah sedikit, tetapi teknologinya yang sudah merupakan desain teknologi lama (kurang lebih 45 tahun lalu ) banyak menimbulkan kendala throughput kualitas produksi dan dari segi tingginya biaya perbaikan mesin. Sehingga pihak pemakai mesin-mesin teknologi lama tersebut akan mengalami kendala tidak efisien dan tidak efektif jalannya produksi di pabrik yang berakibat banyak kerugian dan keuntungan tidak maksimal,” ujar Alexander Angwiranata kepada SAWIT INDONESIA di Jakarta. 

Salah satu seri mesin M-VANCE yang diunggulkan adalah MS 800R EFB Shredders yang memiliki banyak keunggulan. Menurut Alexander, mesin ini mempunyai satu gearbox yang mengurangi resiko pisau atau shaft patah karena mesin otomatis ngetrip, sewaktu overload buah sawit terjadi. Dukungan lain berasal dari besar serta kokohnya main shaft dan bearing sehingga dapat meminimalisir patahnya shaft.

Berbeda dengan mesin pencacah lain, ukuran fiber yang dihasilkan MS 800R lebih kecil ( 4-6 inch )sehingga tidak akan terjadi jumping di atas mesin. Di produk mesin  lain akan ditemukan fiber  yang berukuran besar maupun buah batu ( buah mentah ) yang over loading dan akan menggulung di space shaft knife bar. Akibatnya, mesin  menjadi macet yang seringkali tandan kosong harus disodok dengan  besi supaya dapat masuk  ke mesin pencacah. “Kalau hal ini sering dilakukan, akan menyebabkan tidak efisien dan kerugian bagi pabrik sawit. Tetapi dengan  memakai MS 800R, masalah mesin macet dan pisau patah tidak akan terjadi,” kata Alexander. 

Mesin yang kokoh, menurut Alexander, merupakan keunggulan MS 800R EFB Shredders yang mempunyai berat 3.850 kilogram. Dibandingkan mesin lain yang mempunyai 3 section, MS 800R terbuat dari  1 section saja.  Kapasitas mesin ini sebesar 8-9 metrik ton per jam dan electric motor 75 Hp (4 pole).

MS 800R Shredders ditopang dengan basis kaki mesin I-beam yang lebih kuat sehingga dapat mengurangi getaran pada mesin sebagai penyebab kerusakan suku cadang. 

Kendati berukuran besar, bukan berarti produk Traglopindo Utama ini  sulit perawatannya. Alexander menjelaskan kemudahan perawatan inilah yang membuat umur ekonomis mesin dan biaya perawatan lebih rendah serta throught put yang lebih stabil. Kalaupun mesti dilakukan perawatan, pembongkaran body mesin tidak sulit karena mempunyai 1 section dan hanya perlu membuka beberapa buah baut saja. Selain  itu, penggantian oli lebih  mudah dilakukan karena indikator dan buangan oli seperti block engine mobil sehingga perawatan tidak sulit dan menekan resiko bearing pecah yang tidak perlu. 

Pada Oktober 2011, M-VANCE di pameran PIPOC- KL telah merilis M-6000 FFB Crusher/Splitter yang  merupakan seri terbaru FFB Crusher/Splitter untuk membuka buah mentah atau  buah batu di pabrik  kelapa sawit. Alexander Angwiranata  memaparkan pengusaha perkebunan sawit kadang menghadapi dilema untuk menerima buah batu yang dijual petani. Sebab, kalau buah batu diterima menyebabkan tingkat losses kian tinggi karena buah tadi  sebenarnya belum siap panen, sedangkan kalau ditolak akan menimbulkan friksi dengan petani atau mengurangi daya saing pembelian buah dengan pihak  pabrik kelapa sawit ( PKS ) kompetitor  lainnya. “Jadi kerja M-6000 ini mencucuk  buah batu yang sebenarnya masih memiliki kandungan minyak,” kata Alexander.

Adapun fungsi Inti M-6000FFB crusher/ splitter adalah penggunaan mesin pada saat bersamaan akan “menaikkan kapasitas pabrik” (tanpa harus investasi sterilizer yang tentu lebih mahal investasinya) karena semua tandan buah sawit dibuka yang memudahkan  penetrasi steam boiler dan waktu masak lebih singkat. Sebagai contoh, kata Alexander, waktu masak yang tadinya perlu 110 menit menjadi berkurang  sekitar 70 menit saja. 

M-6000 mempunyai single gearbox  yang  tidak akan membuat mesin macet apabila terjadi overload. Kemudian, mesin  tidak perlu dibongkar seluruhnya ketika tandan buah sawit terlalu kecil atau besar tersumbat di mesin ini. Jadi, tidak perlu drum & shaft dibuka karena hanya perlu disetting semi manual dengan adjustable main shaft & drum. 

Keunggulan lain, pisau spike drumm sudah di-split yang dapat menghemat biaya perawatan dan tidak perlu mengganti suku cadang satu unit besar drum akibat desain mesin yang kurang pas. 

MESIN PRESSER TANDAN KOSONG 

PT Traglopindo Utama memiliki seri mesin MB 900R EFB Presser yang berfungsi mengambil sisa OER di tandan kosong (tankos) dengan lebih tinggi dan sangat stabil sampai  800-1000 jam HM, selain fiber tandan kosong lebih kering. Ukuran fiber yang telah dicincang setelah keluar dari mesin presser sekitar 2-4 inch. 

Mesin  ini lebih mudah dirawat karena press cage dan worm screw sudah di-split yang membuat suku cadang irit serta gampang pembongkarannya. Hal inilah yang membuat biaya perawatan menjadi lebih rendah dan menjadi lebih kompetitif dibanding produk lainnya. Untuk worm screw di-split menjadi 5pcs supaya memudahkan penggantian sparepart. 

Untuk spesifikasi mesin lain yaitu  M-15 Palm Kernel Screw Press. Mesin ini bekerja dengan kondisi sangat berat yang berfungsi mengepres inti sawit yang dikenal bagian paling keras. Pola pengepresan mesin  ini  dapat disebut pengepresan ekstrim karena kernel kelapa sawit ditekan 2 kali, setelah dari stasiun satu selanjutnya ampas dipindah ke stasiun kedua supaya tingkat kehilangan minyak dapat diminimalisir. Ketika masuk pada proses pengepresan kedua, mesin bekerja lebih berat untuk mengambil sisa-sisa minyak yang masih ada.

Beratnya kerja mesin ini akan menciptakan kondisi yang sangat abrasif, asam dan panas sekali yang membuat asap pengepresan di mesin kadang sangat tebal dan mesin kadang kedengaran bunyi seperti meledak sebagai efek dari gesekan tersebut. 

Nilai tambah dari M-15 ini adalah hasil OER (yield) yang cukup tinggi dengan capaian sekitar 46%-47%. Dimana hal ini sudah terbukti sampai dengan sekarang dengan capaian dua pabrikan besar dari dua grup besar KCP terkenal di Semenanjung Malaysia, sedangkan rata-rata mesin produk lainnya di pasaran mencapai kisaran umumnya sebesar 44%-45% saja. Tingginya yield yang dihasilkan M-15 setelah adanya perbaikan dalam sistem desain mesin dan operasional pabrik. 

Alexander Angwiranata mengatakan PT Traglopindo Utama berupaya memberikan produk mesin yang bernilai tambah tinggi kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia,  agar Indonesia juga memiliki daya saing lebih tinggi di market internasional dengan penggunaan mesin yang lebih inovatif dan manajemen yang lebih baik tentunya. PT Traglopindo Utama bukan sekadar menjadi distributor  maupun sole agent biasa. Jadi, produk yang ditawarkan bersifat edukatif, kesediaan stok spare parts dan tim teknikal supportif yang bergerak di lapangan untuk memberikan layanan purna jual supaya pembeli efisien dan efektif serta memiliki daya  saing tinggi tentunya. 

Dari segi harga, papar Alexander,  produknya mungkin lebih tinggi sekitar 10%-15% dari produk mesin lain. Tetapi, nilai tambah yang diberikan dapat mencapai 30% – 40%lebih sehingga apabila dikalkulasikanlebih menguntungkan pengguna produk M-VANCE dibandingkan pengguna yang membeli mesin lain dengan dasar pertimbangan mesin yang hanya murah saja.

PT Traglopindo Utama memberikan pula layanan tambahan kepada pembeli produknya, lewat kegiatan training. Alexander menyatakan pelatihan yang diberikan ini sifatnya transfer pengetahuan supaya pengguna mengetahui detail mesin dan  dapat merawatnya secara rutin. Hal ini sesuai dengan motto perusahaan yang dapat dilihat di situs perusahaan http://www.traglopindoutama.com, yaitu “Melayani dengan Sepenuh Hati – Kami Memberikan Bukti Yang Baik, Bukan Janji”. Selain itu, setiap pertanyaan mengenai produk PT Traglopindo Utama dapat ditujukan ke alamat email berikut traglopindoutama@yahoo.com. (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp