PT Jotun Indonesia : Perlindungan Maksimal Bagi Industri Minyak Kelapa Sawit

Cat Protective Coatings Jotun, memberikan lapisan perlindungan maksimal terhadap karat pada tanki, pipa dan unit konstruksi pabrik sawit sehingga lebih tahan lama.

JOTUN Paints hadir di Indonesia sejak tahun 1983. Dan sejak saat itu, JOTUN mulai memenuhi kebutuhan industri untuk cat berperforma tinggi. Cat Protective Coatings JOTUN telah terbukti melindungi struktur besi dari karat untuk jangka panjang, serta mencegah berbagai kerusakan, baik yang disebabkan oleh manusia, paparan zat kimia ataupun alam.

Pada industri minyak kelapa sawit, Cat Protective Coatings JOTUN telah banyak digunakan untuk melindungi struktur besi pabrik oleokimia, biodiesel dan pabrik pengolahan lain yang berbahan dasar kelapa sawit. Dan sudah terbukti dengan banyaknya perusahaan palm oil yang mempercayakan perlindungan aset mereka (bangunan, tangki, pipa dan utilities lainnya) dengan mengunakan Cat Jotun.

Juwita, General Sales Manager Protective Coatings Dept. PT. JOTUN INDONESIA menjelaskan pada dasarnya coating/cat terdiri dari 2 fungsi utama yaitu perlindungan pada lapisan dasar, cat primer JOTUN memiliki karakter penetrasi yang baik terhadap permukaan tangki, mampu menutup pori-pori besi dengan sempurna dengan daya rekat yang sangat baik. Sehingga melindungi tangki dari korosi yang disebabkan oleh proses kimiawi yang umum terjadi pada struktur besi.

Selanjutnya, pelapisan akhir (topcoat) cat topcoat JOTUN memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, kimia, dan gesekan baik yang diakibatkan oleh faktor lingkungan ataupun akibat dari proses produksi minyak kelapa sawit itu sendiri, sekaligus memberikan fungsi estetika (keindahan warna) pada struktur besi.

Jotun Indonesia memiliki sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001, standar yang diperlukan oleh  pelaku industry kelapa sawit untuk memenuhi prinsip dan kriteria yang dibuat pemerintah melalui Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO), maupun standar lain dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Dengan perlindungan Protective Coatings JOTUN, pelaku sawit tidak perlu lagi khawatir dengan adanya kontaminasi terhadap hasil produksi minyak sawit yang diakibatkan oleh korosi pada struktur besi industri.

Perlindungan yang diberikanoleh JOTUN untuk industry minyak kelapa sawit didukung dengan lima  hal penting. Yang pertama, Cat Protective Coatings JOTUN diformulasikan dengan bahan-bahan pilihan terbaik, sehingga memiliki daya rekat (adhesi), daya tahan terhadap kimia dan cuaca, serta resistensi terhadap gesekan dan benturan yang lebih baik. Semua produk telah melalui riset yang intensif, proses produksi dengan teknologi yang canggih dan kontrol kualitas yang ketat.

Produk-produk JOTUN sangat mudah didapatkan. JOTUN Indonesia sudah memiliki fasilitas produksi sendiri. Dengan 6 kantor cabang yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia; Pekanbaru, Medan, Batam, Makasar, Balikpapan, dan Surabaya. Serta didukung lebih dari 30 dealer resmi yang tersebar luas yang selalu siap untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan industri. Apalagi, kini JOTUN sedang dalam tahap pengembangan pabrik fase yang kedua. Juwita menambahkan, perusahaan menargetkan pada tahun 2014 nanti, JOTUN memperbesar kapasitas produksinya dari 28 juta liter per tahun menjadi 45 juta liter per tahun. Hal ini tentu sebagai upaya untuk terus menjaga ketersediaan barang dalam memenuhi kebutuhan industri yang semakin besar.

Tidak hanya produk yang ditawarkan, JOTUN juga siap menjadi rekan bagi pelaku industry untuk berkonsultasi dalam pemilihan sistem cat yang cocok bagi industri. JOTUN memiliki tim Coating Advisor bersertifikat nasional dan internasional (Ascotindo, NACE dan FROSIO) untuk membantu memberikan solusi sistem pengecatan terbaik serta melakukan pengawasan dan advokasi terhadap kegiatan pengecatan untuk memperoleh hasil maksimal.

JOTUN mengerti bahwa setiap industri memiliki kebutuhan yang khusus. Melalui inovasi yang dilakukan, JOTUN berhasil menciptakan jajaran produk yang luas untuk dapat memproteksi setiap bagian dari industri minyak kelapa sawit. Selain itu, spesifikasi yang diberikan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen mulai dari spesifikasi komersial, menengah dan premium. “Solusi yang kami berikan, juga dapat membantu pelaku industri untuk melakukan efesiensi biaya perawatan pabrik minyak kelapa sawit. Sistem pengecatan dan jangka waktu perlindungan yang kami berikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri, sehingga perawatan dapat dilakukan  secara terjadwal,” imbuh Juwita.

 Dan yang  tidak kalah menarik, JOTUN memiliki teknologi Multicolor Tinting System. Ini sebuah terobosan dalam industri cat yang diluncurkanoleh JOTUN sejak tahun 1973. Sistem ini merupakan sistem pewarnaan cat yang terkomputerisasi. Teknologi ini memungkinkan pelaku industri untuk melakukan pemilihan warna bagi industri dengan lebih leluasa.

Pelayanan tambahan kepada konsumen juga diberikan melalui program JOTUN Paint School. Juwita mengungkapkan program ini merupakan sebuah pelatihan yang bersifat interaktif untuk memberikan pengetahuan dasar tentang berbagai jenis cat dan sifat-sifat dasarnya. Materi lain yang diberikan berupa persiapan pengecatan dan aplikasi cat untuk mendapatkan hasil maksimal. (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp