PT Gewinn Hold Hotama: Jembatan Timbang Menjadi Aset dan Kontrol

Alat jembatan timbang buah sawit sekarang ini mesti dipandang sebagai  aset yang bersifat jangka  panjang dan bernilai tambah, dimana fungsi utamanya tentunya sebagai unit kontrol berat barang (goods) asuk dan keluar. Dikatakan sebagai aset, karena tidak sebatas barang yang  cepat atau mudah untuk diganti. PT Gewinn Hold Hotama menciptakan produk Jembatan Timbang yang Heavy Duty dan Akurat dengan 2  model varian yang mempermudah cara penimbangan dan menyesuaikan kondisi di lapangan terutama kegiatan pabrik  perkebunan khususnya pabrik kelapa sawit.

PT Gewinn Hold Hotama merupakan manufaktur yang terintegrasi untuk produk elektronik, jembatan timbang, dan sistem engineering pada umumnya. Salah satu produk yang dijual adalah jembatan timbang untuk penimbangan buah di pabrik kelapa sawit, yang bermerek “GEWINN” dengan telah paten Merk . Secara umum, model timbangan Truck Gewinn adalah sistem knock-downed yang dinamakan jembatan timbang (weigh-bridge). Namun melihat kebutuhan di lapangan sawit, maka Gewinn mengeluarkan varian model timbangan truk yang portable dan moveable, yang dinamakan portable truck scale. Perusahaan bisa memilih dan memiliki timbangan truk baik model jembatan timbang (knock-downed) atau model portable truck scale (Move-able) sehingga lebih mudah dipindahkan tanpa kesulitan.

Jimmy Rusli, Marketing PT Gewinn Hold Hotama, mengatakan pengguna jembatan timbang ini mendapatkan keuntungan karena selain sebagai aset dan fungsi utama sebagai kontrol timbang, juga memiliki nilai tambah yaitu seperti unit timbangan dapat dipindahkan ke tempat lain kapanpun secara praktis dan merekondisi saat penggunaan life time yang cukup lama. Bila dilakukan rekondisi, penimbangan tetap dapat dilakukan dikarenakan platform timbangan terdisi dari module platform yang dapat dilepas,namun timbangan tetap saja digunakan , sehingga aktivitas penimbangan tetap berlangsung. 

Apabila, ada maintenance atau penggantian spare part, model jembatan timbang Gewinn sungguhlah praktis, dimana cukup waktu singkat untuk perbaikan dan penggantian. Selain itu nilai tambahan dari fungsi utama kontrol timbang, masih ada fungsi data timbang (database) yang dapat digunakan untuk fungsi kontrol accounting dan marketing untuk back up data serta search-able (mencari) serta me-review data customer-supplier-data barang yang keluar-masuk. 

Secara umum, faktor utama dalam jembatan timbang adalah dari sisi kontruksi platform dikarenakan merupakan komponen biaya yang paling mahal. Bila konstruksi platform tidak kokoh, maka selain hasil timbangan tidak akurat, juga berakibat sparepart dari timbangan (electronic weighing devices) akan cepat rusak.  Dari  segi bahan baku platform yang secara keseluruhan menggunakan besi baja, jembatan timbang ini terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat serta proses pembuatan yang terjamin mutunya.  

Jimmy mengatakan jembatan  timbang ini dilengkapi dengan komponen elektronik terdiri dari loadcell dan indikator yang berkualitas bagus. Selain  itu, produk in dilengkapi surat ijin tipe dari Badan Metrologi serta kewajiban verifikasi dan legalitas setiap awal jembatan timbang baru akan digunakan, maka dilakukan proses Tera Baru unit jembatan timbang yang mensahkan akurasi hasil jembatan timbang.   Jembatan timbang ini dilengkapi pula dengan komputer berikut softwarenya supaya pengguna dapat melihat hasil timbangan. 

Dengan bahan  baku yang kokoh, menurut Jimmy, jembatan  timbang ini dapat dikatakan aset yang sifatnya  jangka panjang, berbeda dengan produk serupa yang durasi kekuatannya   waktunya  terbatas. Bagi perusahaan, kualitas jembatan timbang harus dijaga supaya pembeli tidak kecewa dengan akurasi  hasil timbangan. “Suku cadang dan konstruksi jembatan timbang mesti berkualitas tinggi sehingga dapat tahan untuk  jangka panjang,” ujar dia. 

Keunggulan jembatan timbang ini, kata, Jimmy, menggunakan bahan baku  dari besi  yang full  100% sehingga kuat dalam penggunaan. Kedua, jembatan  ini menggunakan perangkat elektronik yang didukung dengan  loadcell dari  stainless steel, IP-68 (dust-proof dan water-proof), lalu  indikator mempunyai  back  up batere jika tidak ada suplai di  pabrik. Maka batere ini dapat tahan 2-3 hari karena  menggunakan aki  kering. Loadcell model Column juga memiliki safety Anti Petir (Anti Lightning Protection) hingga maksimum 10.000 volt.

Ditambahkan  kembali, pihaknya memberikan bonus satu back-up indicator dilengkapi batere tambahan yang dapat  digunakan apabila setelah tiga hari aliran listrik masih mati. Pemasangan kabel wiring dalam instalasi disafety-kan dengan selongsong pipa galvanized serta dibungkus flexible steel conduit. Alasan kabel loadcell dipasang rapi untuk mengantisipasi konslet ketika cuaca hujan atau panas serta faktor terpotong atau tergigit dikarenakan letaknya di luar (out-door).

“Panjang dan lebar jembatan timbang dapat disesuaikan  dengan ukuran truk. Selain itu, overload dari jenis jembatan timbang Gewinn telah didesain dan dibuat untuk kondisi heavy-duty sehingga kontruksi dan elektroniknya bisa memiliki over-load hingga/ melebihi 120%,” kata Jimmy kepada SAWIT INDONESIA. 

Penggunaan jembatan timbang ini  sangatlah mudah dan tidak menyulitkan operatornya. Sebab, PT Gewinn  Hold Hotama melatih calon operator yang akan menggunakan produk jembatan timbang terkait  operasi  dan  perawatan. Untuk melihat hasil  timbangan, komputer dapat diakses  oleh setiap divisi perusahaan yang  dilengkapi  password demi menjamin keamanan. 

Sebenarnya perawatan jembatan timbang ini, kata  Jimmy Rusli, tidak memerlukan  perawatan khusus. Berikut ini beberapa tips supaya menjaga daya tahan jembatan timbang seperti menjaga stopper supaya tidak terjadi rotasi atau pergeseran ketika truk masuk. Pengguna disarankan pula melepas kabel loadcell yang menuju indikator sewaktu terjadi hujan yang disertai petir. “Sebenarnya, jembatan timbang ini sudah dilengkapi grounding dan komponen GEWINN yang anti petir,” kata dia.  

Dari segi garansi, perusahaan memberikan garansi konstruksi platform mencapai 3 (tiga) tahun. Lalu, garansi service dan spare  part sampai 1 (satu) tahun, dan Garansi Software seumur timbangan itu masih dipakai (Full Life-Time Warranty). Disamping itu, Gewinn juga selalu support untuk after sales service untuk produk Gewinn.

Tak hanya menjual jembatan timbang, perusahaan juga yang berkantor pusat di Bekasi ini melayani servis segala jenis merek. Sebagai support dan service dari Gewinn, dimana Gewinn juga mampu dan menerima perbaikan, penggantian dan kalibrasi timbangan truk baik merk .  

Menurut Jimmy Rusli, pihaknya memiliki teknisi yang dapat memperbaiki jembatan timbang di wilayah Jabotabek, Surabaya serta siap untuk daerah luar kota. Saat ini, perusahaan  mempunyai kantor cabang yang berlokasi  Surabaya dan Lampung. 

Wilayah pemasaran produk kami ditujukan ke wilayah Jakarta, Surabaya, Lampung. Tahun  lalu, kami  mulai pemasaran  ke wilayah  Kalimantan dan Sumatera (khususnya Riau, Medan, Palembang dan Jambi). Dengan harapan dan misi, dimana Gewinn bisa menjadi “One Stop Solution Weighing” bagi pengguna (konsumen) jembatan timbang.(Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp