PT Aneka Baja Cipta: Produk Lokal Mutu Global

Pangsa pasar pintu rebusan di  dalam negeri sangatlah menjanjikan karena tingginya permintaan kurang dapat dipenuhi suplai. Peluang ini dibaca jeli oleh PT Aneka Baja Cipta yang  mengeluarkan produk pintu rebusan (Sterilizer Door)  bermerek ABC Clutch Door. 

Penambahan jumlah pabrik kelapa sawit setiap tahun berdampak positif kepada perusahaan fabrikator pintu  sterilizer  seperti PT Aneka Baja Cipta. Antony Cushin, Direktur PT Aneka Baja Cipta, menjelaskan peluang menjual pintu rebusan sangat terbuka lebar karena produsen di dalam negeri sangat kewalahan menghadapi permintaan.  Itu sebabnya, banyak sekali pintu rebusan dari Malaysia yang mengisi kebutuhan di dalam negeri.

PT Aneka Baja Cipta memiliki kemampuan untuk menyiapkan produk pintu rebusan sesuai permintaan klien. Antony Cushin memaparkan workshopnya yang berada di daerah Dadap, Tangerang, dapat menghasilkan sterilizer door (pintu rebusan) dengan berbagai jenis ukuran seperti  950 dan 3200. “Produk pintu rebusan kami ditujukan bagi  sterilizer vertikal dan horisontal,” kata Antony. 

Menurutnya, permintaan pintu rebusan paling banyak ukuran 2700 untuk sterilizer horisontal dan ukuran 1200 bagi sterilizer vertikal.

Keunggulan PT Aneka Baja Cipta, menurut Antony,terletak pada pemilihan lokasi kantor dan workshop yang berada di Jakarta. Sementara, pabrik pintu rebusan lain terpusat di Medan dengan pertimbangan sentra produksi kelapa sawit berada di Sumatera Utara. 

Sebagai produsen baru pintu rebusan, pemilihan lokasi sangatlah menjadi pertimbangan utama perusahaan supaya dapat berkompetisi. Antony menjelaskan proses pemasaran marketing dapat dilakukan langsung kepada kantor pusat perusahaan kelapa sawit yang sebagian besar berada di Jakarta. Tak hanya itu, biaya pengiriman pintu rebusan jauh lebih efisien dan murah dengan daerah tujuan Kalimantan, Sulawesi, dan Papua apabila dilakukan lewat Jakarta, dibandingkan dari Medan. 

“Sekarang ini, trend pengembangan sawit lebih banyak tertuju  di Kalimantan. Sehingga, akan banyak pabrik sawit baru yang dibangun,” ujar Antony.

Johannes Shin, Direktur Utama PT Aneka Baja Cipta, menyebutkan apabila pabrik pintu sterilizer di luar jakarta biaya pengiriman lebih mahal 10%. Selain itu, PT Aneka Baja Cipta  memiliki keunggulan berada lebih dekat  dengan sumber bahan baku. Dengan keunggulan lokasi inilah, PT Aneka Baja Cipta lebih mudah menawarkan produknya dengan harga  terjangkau.  

Tahun ini, PT Aneka Baja Cipta telah mendapatkan pesanan puluhan pintu rebusan dengan berbagai tipe dan ukuran. Sudah ada dua grup perusahaan besar kelapa sawit di Jakarta yang menjadi klien PT Aneka Baja Cipta. 

Sebagai produsen baru pintu rebusan, PT Aneka Baja Cipta berupaya menjaga komitmen dan kepercayaan dari pengguna jasa. Menurut Antony Cushin, pihaknya tidak ingin jor-joran menjalankan promosi walaupun permintaan terbilang tinggi. Langkah ini diambil karena perusahaan ingin menjaga kualitas produknya. 

Tak hanya menjual pintu rebusan, menurut Johannes Shin, perusahaan juga menjadi  pelaksana pembangunan turn key pabrik kelapa sawit. Untuk bidang yang satu ini, jam terbang perusahaan sudah tinggi karena telah memiliki pengalaman menangani sekitar 20 proyek turn key pabrik kelapa sawit. 

Rencana lain, perusahaan juga akan menjual komponen pabrik kelapa sawit lain seperti Ripple Mill. Sehingga, ruang lingkup bisnis perusahaan semakin besar untuk menjadi supporting industri sawit. (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp