Probesco Bantu Kegiatan Mekanisasi Industri Sawit

PT Probesco Disatama membawa solusi mekanisasi kepada pelaku industri sawit. Menghadirkan alat dan mesin yang lengkap untuk mekanisasi seperti mini tractor dengan Hiab crane grabber dan scissor lift trailer, hooklift untuk bin system ataupun traktor dan crane yang cocok untuk net system.

Melesunya industri sawit saat ini mesti disiasati dengan baik oleh perusahaan perkebunan sawit. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan efisiensi produksi melalui proses mekanisasi di seluruh fase industri sawit. Efisiensi biaya, masalah ketenagakerjaan serta peningkatan mutu rendemen serta produktifitas yang lebih tinggi menjadi sangat penting.  Oleh karena itu,  perusahaan harus tahu betul kebutuhan mekanisasi dalam kegiatan kebun sampai pabrik.

Disinilah, PT Probesco Disatama membawa solusi peranan penting dalam mekanisasi di perkebunan sawit mulai dari fase persiapan lahan hingga proses panen. 

“Kami memiliki lini produk yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan di industri sawit dengan membawa brand terkemuka di dunia seperti Case, Compactor Dynapac, traktor LS, Crane Hiab, Kompresor Elgi. Selain itu, kami juga menyediakan komponen alat berat seperti filter (Fessco), hose (Gates & Pyton), Hydraulic sistem (Gates)” ungkap Nelly, Manager Strategic Business Unit PT Probesco Disatama cabang Medan ketika ditemui Sawit Indonesia dalam acara Palmex 2015.

Dalam tahapan persiapan lahan dan perawatan kebun maupun PKS, PT Probesco Disatama mengandalkan alat berat asal Amerika yaitu Case. PT Probesco Disatama memiliki lini produk Case yang lengkap mulai dari backhoe loader, skid steer loader, wheel loader, crawler dozer, tool carrier, motor grader, rough terrain forklift, dan yang paling anyar adalah excavator.

Nelly menjelaskan bahwa Probesco mulai memasarkan Backhoe Loader Case di industri sawit sejak tahun 2000. Disebutkan bahwa Backhoe Loader Case sangat populer di dunia dan merupakan pemimpin di kelasnya dengan menguasai mayoritas pangsa pasar di Malaysia dan Indonesia.

“Ketika pertama kali memasarkan Case, kita memulai dengan backhoe loader karena kebetulan Case ini paling populer di backhoe loader, jadi kita sudah tidak masalah untuk memasarkannya. Setelah backhoe loader mulai jalan kita baru ambil alat lain seperti wheel loader hingga excavator yang terakhir,” jelas Nelly.

Berkaitan produk excavator, PT Probesco Disatama menyediakan range excavator Case dari kelas 8 ton hingga 80 ton. Selain itu, terdapat produk unggulan kelas 20 ton yaitu Case CX210B. Keunggulan excavator Case mampu menghasilkan produktivitas tinggi dengan penggunaan bahan bakar yang efisien sebab excavator Case memang didesain untuk pekerjaan yang membutuhkan performa mumpuni dan durabilitas tinggi.

Selain itu, Excavator Case juga memiliki keunggulan di sisi low cost operation. Dengan penggunaan bahan bakar efisien karena memiliki 20 persen tangki yang lebih besar dan fitur auto stop refueling dan selector working mode yang mampu mengonsumsi bahan bakar sesuai kebutuhan alat. Dengan keunggulan ini excavator asal Amerika yang telah berdiri sejak 1842 ini mengklaim bahwa hanya diperlukan satu kali pengisian bahan bakar untuk dua hari operasi secara normal.

Efisiensi biaya juga dihadirkan Excavator Case melalui fitur Extended Maintenance Bushings (EMS). EMS mampu memberikan interval maintenance greasing hingga 1.000 jam dan greasing bucket link pins hingga 250 jam. Fitur ini mampu mengurangi gesekan dan kebisingan pada kaki serta kepala boom ketika alat beroperasi. Melalui fitur EMS, Excavator Case membantu mengurangi ongkos maintenance harian dan mingguan bagi penggunanya.

“Keunggulan lain yang dimiliki produk-produk Case masih built up dari Amerika sehingga produk-produk kami benar-benar terjaga kualitasnya. Selain itu pada lini wheel loader, terdapat hak paten  fitur cooling box system yang mampu menjaga performa mesin tetap baik dan lebih awet,” kata Iwan Setiawan, Product Manager PT Probescco Disatama.

Pada proses kegiatan infield dan roadside collection untuk pengangkutan TBS, PT Probesco Disatama menyediakan kombinasi antara traktor R36i (38 HP) atau LS47 (45 HP) yang dipasangkan Hiab Mini Crane JG 5000 dan scissor lift trailer kapasitas 1,5 hingga 2 ton, Hiab hooklift untuk menarik bin dengan kapasitas 5 – 26 ton tergantung kondisi jalan yang ada. Atau bisa menggunakan traktor model P90 (90 HP) dengan Hiab crane XS Series untuk mengangkat jaring (net system) berkapasitas hingga 1 ton TBS sekali angkat.

(Selengkapnya baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 November-15 Desember 2015)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.