PlantationDirectory.com, Platform Digital Marketplace Khusus Perkebunan dan Komoditas Hasil Perkebunan

Oleh: Joko Yuwono

PlantationDirectory.com merupakan platform e-commerce perkebunan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Platform ini didedikasikan sebagai marketplace untuk akuisisi perkebunan, termasuk dalam cakupan bisnisnya antara lain seperti jasa survey perkebunan, penilaian perkebunan (assessment), serta perdagangan komoditas hasil perkebunan dan derivasinya, termasuk alat berat (heavy equipment) untuk operasional perkebunan.

Pendirian platform ini didasarkan pada banyak kondisi dan alasan. Pertama, di Indonesia saat ini tidak ada platform yang secara khusus didedikasikan untuk perkebunan dan komoditasnya. Kedua, banyak perkebunan yang diiklankan secara online melalui portal properti sudah tidak up-to-date lagi, bahkan mungkin berisi informasi palsu. Ketiga, sebagian besar perkebunan yang dijual tanpa pengetahuan harga dan ketersediaan informasi yang tepat oleh pihak perantara.

Melihat kondisi demikian, akhir tahun 2016 yang lalu PT e-Komoditi Solutions Indonesia tergerak untuk meluncurkan platform digital khusus perkebunan dan komoditas derivasinya bernama PlantationDirectory.com dengan misi utama untuk menghubungkan pembeli dan penjual perkebunan, dan memfasilitasi proses akuisisi dengan cepat, aman, adil, dan private.

Sebagaimana dijelaskan Ferron Haryanto, founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) PlantationDirectory.com, platform ini merupakan solusi bagi perusahaan berbasis pertanian dan perkebunan untuk mengembangkan bisnis mereka, terutama kelapa sawit beserta produk derivasinya, “Mereka dapat mengakuisisi perkebunan yang ada melalui platform ini,” kata Ferron.

 

Assessment dan Due Dilligence

PlantationDirectory.com menyediakan informasi perkebunan dan komoditasnya yang telah menjalani proses verifikasi dan penilaian yang ketat oleh Divisi Agronomi dan Divisi Business Development, serta konsultan yang berkompeten dan andal untuk memastikan keabsahan perkebunan. Ini bertujuan untuk memberikan kepercayaan dan keamanan transaksi antara kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. Setelah proses due-diligence selesai, maka perkebunan lolos ke langkah selanjutnya dan terdaftar di web PlantationDirectory.com

Melalui platform PlantationDirectory.com calon pembeli akan mendapatkan informasi umum seperti lokasi, area statement, jenis bibit tanaman, status hukum, kapasitas produksi, harga jual dan lain-lain. Sedangkan ringkasan eksekutif (executive summary) dan laporan penilaian perkebunan disiapkan secara rinci dan sesuai dengan hasil proses assessment yang dilakukan oleh Divisi Agronomi untuk membantu calon pembeli mendapatkan rincian detail kebun yang ditawarkan.

Tidak hanya itu saja, beberapa faktor penilaian antara lain jenis lahan (gambut atau non-gambut), topografi tanah (datar atau berbukit), kesuburan tanah dan komposisi kimia tanah (pirit atau non-pirit), serta saluran irigasi, termasuk aspek penting dalam penilaian dan secara signifikan turut menentukan taksiran harga jual kebun.

Melalui PlantationDirectory.com harga jual yang ditawarkan adalah harga yang telah disepakati oleh pemilik perkebunan sesuai dengan harga pasar. Harganya bervariasi tergantung kondisi masing-masing perkebunan, dimana harganya ditentukan oleh kondisi sosial, lokasi perkebunan, kualitas bibit, umur tanaman, tipe tanah, curah hujan, legalitas dan lain-lain.

Ferron menjamin, semua perkebunan dan komoditas kelapa sawit yang tercantum di PlantationDirectory.com hanya akan ditawarkan kepada calon pembeli yang dipercaya dan telah diverifikasi. Oleh karena itu, aspek kerahasiaan informasi baik penjual maupun pembeli termasuk nilai transaksi akhir menjadi prioritas paling rahasia sejak tahap awal transaksi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp