Penguatan Mutu Sdm Diutamakan

Perkembangan industri kelapa sawit yang semakin meningkat membuat sektor bisnis logistik semakin berkembang. Terlebih, bisnis jasa ini menjadi komponen utama untuk mempercepat proses jual beli produk kelapa sawit antar perusahaan.

Firman Sitohang, Managing Director PT Nusantara Jaya Ekspress (NJE) mengakui  perusahaannya tidak begitu mengkhawatirkan dampak buruk dari melambatnya industri kelapa sawit saat ini. Pasalnya, jasa pelayanan bisnis ini telah menjadi standar program yang mesti dilakukan setiap perusahaan atau pabrik kelapa sawit.  

Menurutnya, perusahaan sering melakukan program regular untuk peningkatan mutu pelayanan terhadap pelanggannya. Di program tersebut, hampir seluruh pimpinan perusahaan cabang hadir. Tujuannya, melaporkan perkembangan perusahaan cabang dan menyatukan kembali visi PT  NJE yaitu kepuasan pelanggan yang utama. 

“Program ini semacam training untuk menanamkan nilai kerja kepada setiap perusahaan cabang. Hal ini  dilakukan supaya karyawan dan kepala dapat termotivasi dan semangat bekerja,” kata Firman Kepada SAWIT INDONESIA.

Dari tahun ke tahun, PT NJE semakin tumbuh berkembang di berbagai daerah di Indonesia karena tumbuhnya permintaan konsumen  terhadap jasa layanan perusahan. Untuk itulah, beragam strategi dipersiapkan perusahaan supaya konsumen lama tetap terjaga dan mendatangkan konsumen baru. Pertama, efisiensi waktu ketika melakukan proses jasa logistik. Misalnya saja, pengiriman barang kalau sebelumnya perlu waktu 10 hari sampai ke tempat tujuan. Namun, dapat dipersingkat menjadi  kurang dari 8 hari. Kedua, mencari informasi atas kebutuhan pelanggan. Ketiga, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di internal perusahaan. 

“Untuk tahun 2013, kita akan membuka cabang baru di daerah Semarang,” ungkap Firman penuh semangat.

Bagi Firman, pembukaan perusahaan cabang di Semarang menjadi salah satu piihan yang tepat untuk meningkatkan pelayanan PT NJE terhadap pelanggannya. Sebab, Semarang merupakan kota transit barang-barang produksi yang diangkut melalui transportasi laut. “Sebagai gambaran, pengiriman barang dari Semarang ke Kalimantan juga cukup efisien waktu,” kata Firman.

PT Nusantara Jaya Ekspress terus meningkatkan kualitas SDM dengan berbagai macam training pelayanan kepada pelanggan sehingga terjalin kesamaan visi antara kantor pusat dan kantor cabang. Sehingga sistem mutu pelayanan PT NJE dapat berkembang secara kreatif dan inovatif. “Pola kerja kreatif dan inovatif ini yang sengaja ditumbuhkan di perusahaan agar mutu pelayanan terhadap pelanggan semakin meningkat,” kata Firman.

Pendukung pelayanan

Firman Sitohang menilai perkembangan industri kelapa sawit tetap akan tumbuh yang akan mendorong permintaan kebutuhan di bidang jasa logistik. Dengan demikian, PT. Nusantara Jaya Ekspress berpeluang dapat mengisi jasa pengiriman barang yang dibutuhkan pelaku sawit. “Selama pabrik sawit masih terus melakukan produksi maka jasa logistic akan tetap dibutuhkan,” ujar Firman penuh optimis.

Oleh karena itu, perusahaan telah mempersiapkan serangkaian rencana mulai dari memperkuat SDM sampai dengan armada transportasi. Salah satunya, perusahaan ini melakukan peremajaan armada-armada transportasi agar lebih memberikan keamanan, kenyamanan, dan meminimalisir terjadinya kerusakan barang. “ Pada Maret ini sudah ada tiga armada yang kami remajakan,” ujar Firman di kantornya.

Usaha pelayanan maksimal itu pula yang membuat perusahaan ini semakin banyak diminati oleh pelbagai perusahaan kelapa sawit. Meski begitu, PT NJE berupaya memperbaiki pelayanan yang diberikan supaya pengguna jasanya tidak merasa kecewa. (Adv/Hendro)

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp