John Deere 3036E, Traktor Lincah Plus Keamanan Ekstra

Unggul di kelasnya, John Deere 3036E memberikan nilai tambah kepada pelaku usaha perkebunan sawit. Diperkuat fitur Roll Over Protection Structure (ROPS) untuk  memberikan perlindungan Utama bagi operator apabila terjadi insiden tractor terguling saat bekerja.

Mulai meng-ageni traktor John Deere sejak awal tahun 2016, PT Wahana Inti Selaras bergegas cepat menawarkan beragam solusi untuk kebutuhan industri pertanian nasional, termasuk di komotiti tanaman kelapa sawit, juga kebutuhan mekanisasi untuk perkebunan lainnya seperti tebu, jagung dan singkong.  Salah satu upaya tersebut dilakukan perusahaan dengan meluncurkan seri traktor  di kelas 30 HP yaitu traktor John Deere model 3036E yang memiliki tenaga 36 HP.

Ady Herru Sancoko Mardiono, Sales and Marketing Head PT Wahana Inti Selaras mengatakan, John Deere 3036E sangatlah cocok digunakan di perkebunan kelapa sawit terutama untuk kegiatan  infield collection, dan juga mampu mengerjakan kegiatan lainnya seperti pemupukan serta penyemprotan pestisida.

Di pasar Indonesia, traktor yang paling mendominasi  di komoditi tanaman kelapa sawit yaitu di kelas  30 HP, 50 HP, dan 90 HP, dimana PT Wahana Inti Selaras memiliki lini unit yang lengkap untuk produk tractor John deere di berbagai kelas tadi plus kelas 100 HP hingga 300 HP. “Di kelas 30 HP kami punya produk unggulan yaitu John Deere 3036E yang dapat diaplikasikan untuk infield collection,” jelas Ady Herru.

Traktor kelas 30 HP sangat populer di Indonesia terlebih di perkebunan sawit, karena ukurannya yang compact sehingga traktor ini punya manfaat yang optimal untuk pekerjaan di berbagai medan, baik di lahan mineral maupun di lahan Gambut.

Ady Herru menjelaskan desain John Deere 3036E aerodinamis dengan material body high composite. Dengan bobot traktor sekitar 1,2 ton, traktor asal Amerika ini dapat bergerak lincah di kebun sawit dan juga tetap effesien dan effective.

John Deere 3036E  didukung final drive dengan Bevel Gear System yang menghasilkan turning radius lebih kecil dibanding model tractor yang bukan tipe model tersebut, dan tidak semua traktor memiliki final drive model Bevel Gear System itu, dan itu salah satu nilai unggul seri ini,” sebut Ady.

Dari ukurannya John Deere 3036E memiliki panjang 2,9 Meter, lebar 1,4 meter, tinggi dengan canopy 2,3 meter, serta ground clearance 388 milimeter. Spesifikasi  tersebut mendukung  aplikasi infield collection. John Deere 3036E  dapat diaplikasikan untuk aplikasi penyemprotan pupuk dan pestisida dengan tambahan perlengkapan kerja tractor atau attachment.

PT Wahana Inti Selaras juga menyediakan beragam attachment untuk beragam aplikasi. “Iya, kita juga menyediakan implement untuk masing-masing komoditi tanaman misalnya di sawit, sawah, kemudian untuk tebu, jagung, dan singkong,” kata Ady.

Dari segi mesin, John Deere 3036E mengandalkan mesin 3 silinder dengan kapasitas 1.642 cc bertenaga 36 HP, sehingga memberikan efisiensi konsumsi bahan bakar yang cukup baik, dengan tangki bahan bakar solar ( diesel ) unit  ini berkapasitas 39 liter, memiliki konsumsi pemakaian bahan bakar rata-rata 2 liter per jam.

Keunggulan John Deere 3036E semakin lengkap dengan fitur Rollover Protection Structure (ROPS) yang bermanfaat memberikan perlindungan Utama bagi operator jika terjadi insiden traktor terguling, dan ROPS ini belum dimiliki oleh beberapa traktor dengan kelas yang sama.

“ROPS yang berfungsi ketika unit terguling maka keselamatan dari operator bisa lebih terjamin karena unit tidak langsung terguling karena dia tertahan oleh ROPS tersebut. ROPS ini telah tersertifikasi oleh pabrik jadi materialnya sudah di uji coba, aplikasinya sudah terbukti,” kata Ady.

Performa John Deere 3036E yang tangguh plus layanan purna jual yang baik oleh PT Wahana Inti Selaras. Setiap pembelian unit, konsumen akan mendapatkan garansi produk selama 1 tahun atau selama 1.200 jam pemakaian tergantung lebih dahulu mana yang tercapai.

(Ulasan lengkap silakan baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 November-15 Desember 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.