Isu Lama Dalam Kemasan Baru – Penggunaan Mulcher Sebagai Solusi Land Clearing & Replanting

PT. Maxi Energy Utama sebagi Agen Tunggal produk Traktor DEUTZ FAHR, SAME, LAMBORGHINI (yang berada di bawah Same Deutz Fahr Group – SDF) selalu berusaha memberikan yang terbaik terhadap seluruh partner kerjanya dalam dua tahun keberadaan di Indonesia.

Salah satunya adalah menjalin kerjasama dengan produsen Mulcher merek Seppi M yang juga berasal dari Italia. Kerjasama yang sudah terjalin sejak awal 2015 ini memang menjadi target jangka panjang kami, sebagai solusi penggunaan alat untuk pekerjaan land clearing dan replanting, terutama di perkebunan sawit dan tebu. Mulcher Seppi M menyediakan attachment yang dapat dipasang pada traktor, excavator, dozer, skid steer loader, dan wheel loader. Sistem kerja alat dapat dipilih secara mekanis atau hidrolis.

Keunggulan Mulcher Seppi M adalah tersedianya Multipurpose Mulcher yang mana dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu alat seperti menghancurkan batu, mencacah kayu, memotong tunggul kayu, dan menggemburkan tanah. 

Model Multipurpose Mulcher ini sudah digunakan oleh partner kerja kami di Bangka, yang mana satu alat dapat mengakomodir beberapa kebutuhan pekerjaan land clearing sekaligus. Mulcher sendiri sebenarnya bukan barang baru di Indonesia, sudah dikenalkan cukup lama dengan tujuan sebagai pengganti alat berat dan juga untuk menggalakkan Zero Burning Method.

Biaya yang timbul untuk land clearing atau replanting dengan menggunakan perhitungan owning operation cost, mulcher jauh lebih efisien dan murah dibandingkan dengan alat berat.

Untuk Traktor DEUTZ FAHR, sampai saat ini PT Maxi Utama Energy masih konsentrasi pada empat tipe yaitu Agrolux di Low dan High HP (45 s/d 92 HP), Agrofarm C (85 & 95 HP), Agrofarm G (100 s/d 115 HP), dan Agrotrac (126 s/d 171 HP). Bagi perkebunan sawit yang lebih banyak aplikasi untuk transportasi dan fertilasi direkomendasikan menggunakan tipe Agrolux Low/High HP dan Agrofarm C. Sementara Agrolux High HP, Agrofarm G, dan Agrotrac lebih direkomendasikan untuk aplikasi pengolahan tanah seperti bajak, garu dan gulud karena memang tipe tersebut adalah jenis cultivator tractor, biasanya untuk di lahan tebu, singkong dan lainnya. Bahkan untuk kelas mewah atasnya ditawarkan traktor merek LAMBORGHINI memiliki ciri khas dari desain dan eklusif dengan harga tak berbeda jauh. Model GREEN PRO LAMBORGHINI pun menjadi pilihan lain yang kami tawarkan terutama untuk perawatan lapangan golf dan taman.

Testimoni dan data yang kami dapat dari populasi di lapangan adalah pemakaian bahan bakar yang sangat irit. Salah satu contoh, pemakaian unit 115 HP di lahan tebu untuk pekerjaan bajak. Berdasarkan data pemakaian bahan bakar adalah 6 liter/jam. Hal inilah yang menambah kepercayaan diri kami untuk dapat menjalin kerjasama lebih lagi dengan pelaku perkebunan dan pertanian.

(Selengkapnya baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 November-15 Desember 2015)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.