Dari Pengangkutan Sampai Operasional, VIAR Dapat Diandalkan

PT Triangle Motor menjajaki produknya ke perkebunan sawit. Produk yang ditawarkan bervariasi mulai dari kendaraan motor roda tiga sampai kendaraan motor trail.

PT Triangle Motor, produsen motor dalam negeri, semenjak tahun 2005 telah memproduksi kendaraan niaga beroda tiga. Frengky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motor mengatakan selama ini pengusaha kecil membutuhkan unit pengangkutan barang yang praktis dan efisien. Pada umumnya, mereka masih mengandalkan unit yang digerakkan manual dengan tenaga manusia. Itu sebabnya, perusahaan mencari solusi terbaik untuk membantu pengusaha.

“Dengan mesin motor kemudian pakai model Mini Dump Truck ternyata sangat membantu sekali,” jelas Frengky.

Frengky menambahkan unit yang ditawarkan bermerek VIAR Karya dengan beragam keunggulan dibandingkan kendaraan angkutan lainnya. Keunggulan ini berasal dari konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan dengan kendaraan angkutan lainnya.

“Unit Viar Karya roda tiga punya kapasitas daya angkut yang cukup besar,” kata Frengky.

Beragam kelebihan ini yang membuat VIAR Karya mampu menguasai pangsa pasar an kendaraan niaga beroda tiga mencapai 70 persen. Respon positif dari masyarakat inilah yang menjadi pertimbangan VIAR Karya melakukan penetrasi ke sektor perkebunan khususnya kelapa sawit.

“Kami sangat serius untuk menggarap sektor perkebunan karena belum terlalu banyak pemain tiga roda. Makanya, kami mempromosikan unit ke  pameran agrikultur dan ternyata sambutanya luar biasa sekali,” kata Frengky.

PT Triangle Motor menawarkan empat model VIAR Karya dengan kelas bervariasi antara lain kelas 100 cc, 150 cc, 200 cc, dan 300 CC.

Di kelas 150 cc dan 200 cc,  VIAR Karya memiliki dua tipe standar yaitu 150 long dan 200 long untuk kapasitas muatan ekstra. Meskipun tergolong  kendaraan niaga ringan, VIAR Karya telah dilengkapi  sistem gardan seperti mobil supaya mendapatkan performa kuat dan kokoh.

VIAR  punya sistem reverse gear untuk bergerak mundur saat berkendara. Dengan begitu, pengendara lebih mudah ketika mengoperasikan unit. Mesin VIAR Karya didukung sistem water cooler untuk memberikan kinerja mesin yang nyaman.

Khusus perkebunan sawit, VIAR Karya menawarkan mini dump truck yang dilengkapi hidrolik untu mempermudah aplikasi pengangkutan TBS. “Jadi Viar Karya bisa dipakai mengangkut TBS ke dalam blok kebun bahkan ke sela-sela pohon. Dari situ, TBS bisa dibawa ke tempat penampungan sementara yang berada di jalan utama,” ujar Frengky.

Menurutnya  pelanggan tak perlu khawatir dengan medan yang berat karena kendaraan roda tiga VIAR Karya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Mulai dari karoseri, tipe ban, hingga kebutuhan spesifik lainnya. Permintaan konsumen dapat terpenuhi karena VIAR mempunyai pabrik karoseri.

“Kita bukan hanya menjual tapi menyediakan konsultasi. Ketika konsumen memesan unit biasanya akan ditanyakan seperti apa kebutuhan mereka dalam pemakaian unit. Untuk kebutuhan khusus seperti itu kita juga punya pabrik karoseri juga. Memang harus inden terlebih dahulu dari pabrik untuk produksi. Jadi tentunya kebutuhan apapun dari konsumen pasti kita akan bantu,” jelas Frengky.

Selain motor beroda tiga, VIAR menawarkan motor trail yang bisa difungsikan sebagai kendaraan operasional pekerja sawit. Kelasnya bervariasi mulai  100 cc, 150 cc, 200 cc, dan 250 cc.

(Ulasan lengkap silakan baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 November-15 Desember 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.