Cat 320D2 GC,Lebih Tangguh, Hemat Bahan Bakar & Berkualitas

Hadir di kelas excavator 20 ton,  CAT 320D2 GC merupakan solusi produk tepat guna dengan biaya lebih kompetitif, hemat bahan bakar dan kualitas kelas dunia.

PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar memperkenalkan produk excavator terbaru yang bermain di  kelas 20 ton. CAT 320D2 GC merupakan produk baru yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di bidang konstruksi, namun unit ini juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan di perkebunan sawit. “Unit ini memang multi fungsi, karena dapat digunakan pada pekerjaan seperti persiapan lahan, pembangunan infrastruktur dan lainnya,” ujar Ivanlie, Construction Marketing General Manager Trakindo, dalam peluncuran CAT 320D2 GC di Trakindo BSD beberapa waktu lalu.

Pada industri sawit, CAT 320D2 GC dapat bekerja maksimal untuk membantu proses replanting, persiapan lahan hingga proses material handling pembangunan infrastruktur kebun. Karena itulah unit ini sangat cocok untuk tipe pekerjaan yang umumnya dilakukan di sektor sawit maupun konstruksi, dimana tidak selalu mengejar produksi (unit kadang harus stand by untuk jangka waktu tertentu, selagi proses lainnya dilakukan). Dengan CAT 320D2 GC biaya operasional menjadi lebih efisien dan ekonomis sehingga sangat menguntungkan.

Hemat Bahan Bakar Hingga 17%

Produk baru CAT 320D2 GC, merupakan versi hemat bahan bakar dari kelas 20 ton excavator yang di produksi oleh CAT, tetap dengan kualitas tinggi seperti 320D2 yang telah dikenal pasar selama ini. “Unit baru ini dapat menghemat bahan bakar hingga 17% dibandingkan CAT 320D2, dan pemakaian bahan bakarnya tidak melebihi 18 liter per jam,” jelas Ivanlie.

Kelebihan lain CAT 320D2 GC adalah, perawatan rutin yang mudah, produktivitas tinggi dan ketahanan jangka panjang. Unit ini dilengkapi dengan engine CAT C4.4 ACERT empat silinder dengan turbocharger sehingga dapat bergerak lebih gesit dan lincah di segala medan.

Meskipun CAT 320D2 GC merupakan versi hemat bahan bakar, namun sisi interior unit ini tetap sangat diperhatikan oleh Caterpillar. Hal ini nampak dari kabin yang lapang dengan jarak pandang ideal dan tombol-tombol yang mudah terjangkau. Bahkan monitor telah dilengkapi dengan tampilan grafis berwarna yang intuitif dan visualisasi amat baik, sehingga secara keseluruhan kabin ini di design untuk menyediakan lingkungan kerja yang nyaman, agar operator dapat bekerja lebih produktif dalam jangka waktu yang lebih lama karena tidak cepat merasa lelah.

Seperti produk Caterpillar lainnya, unit CAT 320D2 GC juga telah memenuhi standar emisi setara EPA tier 3 AS/ Stage IIIA UE dan standar emisi China III non-road, yaitu sebuah sertifikat bertaraf internasional yang diberikan pada unit yang telah teruji emisinya tidak berbahaya  bagi lingkungan. Unit CAT 320D2 GC  juga telah mengantongi persyaratan OSHA dan MSHA untuk batasan tingkat kebisingan suara terhadap operator yang berlaku sejak dibuat di pabrik.

Program Garansi Bahan Bakar & Fasilitas Product Link

Selain memiliki produk Caterpillar yang terkenal tangguh dan kuat, pelanggan juga disuguhkan berbagai kemudahan oleh Trakindo. Salah satunya adalah Trakindo Total Solutions, yang terdiri atas: Bebas biaya semua filter untuk perawatan rutin sampai dengan 2000 jam operasi alat; Perpanjangan masa warranty komponen power train dan hydraulic sampai 2 tahun tanpa batas jam operasi alat; Laporan kondisi kesehatan alat sehingga masalah teknis yang mungkin timbul dapat diatasi sedini mungkin sehingga sangat menghemat waktu dan biaya perbaikan. Semua hal tersebut dapat langsung dinikmati pelanggan ketika membeli. “Khusus untuk produk baru CAT 320D2 GC, pelanggan mendapat tambahan program Garansi Bahan Bakar selama satu tahun. Ini dilakukan sebagai bentuk keyakinan Trakindo akan kemampuan unit ini dalam menghemat bahan bakar,” tambah Ivanlie.

Melalui program Garansi Bahan Bakar ini, Trakindo menjamin bahwa rata-rata pemakaian bahan bakar tidak akan melebihi 18 liter per jam. “Bila ternyata dari hasil pengukuran rata-rata pemakaian melebihi 18 liter per jam, maka pelanggan akan mendapat penggantian sebesar jumlah kelebihan bahan bakar dikalikan harga bahan bakar saat itu, dan diberikan dalam bentuk Parts Voucher,” jelasnya. Pengukuran pemakaian bahan bakar akan sangat akurat karena dilakukan secara elektronik melalui sensor bahan bakar yang informasinya dikirim via satelit ke kantor Trakindo dan CAT. Pelanggan juga mempunyai akses untuk ikut mengamati pengukuran ini. (Anggar)

(Selengkapnya Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 April-15 Mei 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.