KTB Resmikan 2S Fleet Workshop di Kebun Sawit

2S Fleet Workshop akan memberikan kemudahan perawatan, perbaikan, serta ketersediaan suku cadang di tengah perkebunan sawit milik Cargill Poliplant Group

Sejak tahun lalu, sub sektor perkebunan sawit menjadi salah satu yang berkontribusi pada  pertumbuhan penjualan kendaraan, Mitsubishi Fuso. Hal tersebut, disampaikan Duljatmono, Sales and Marketing Director, PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) saat peresmian fasilitas 2S (service and spare part) Fleet Workshop di area perkebunan kelapa sawit milik Cargill Poliplant Group di Ketapang, Kalimantan Barat, pada Kamis (11/10).

Fleet Workshop pertama ini diinisiasi pihak KTB dan dealer PT Gemilang Berlian Indah, bersama dengan Cargill Poliplant Group selaku konsumen fleet yang memiliki lebih dari 300 unit Mitsubishi Fuso sebagai kendaraan operasional pengangkut sawit.

Tidak sedikit perkebunan sawit yang ada di Indonesia masuk pada  area remot maka tak jarang memerlukan kendaraan operasional pengangkut sawit. Mitsubishi Fuso menjadi kendaraan yang tepat karena mampu beroperasi secara efektif di perkebunan sawit. Seperti diketahui, Cargill Poliplant Group merupakan perusahaan perkebunan sawit yang memerlukan kendaraan pengangkut sawit baik saat musim panen maupun mengangkut pupuk dan bibit.

Duljatmono mengatakan kerja sama antara KTB, dealer PT Gemilang Berlian Indah dan Cargill Poliplant Group bermula dari kebutuhan akan kemudahan perawatan, perbaikan, serta ketersediaan suku cadang di tengah perkebunan sawit seluas 51.000 hektar. “Pihaknya menyadari bahwa purna jual menjadi komponen penting dalam keberlangsungan bisnis. Kami memberikan solusi pada konsumen untuk meminimalkan proses perbaikan menuju bengkel yang memakan waktu,” ujar Duljatmono, yang kerap disapa Momon.

Seperti pada bengkel resmi pada umumnya, 2S Fleet Workshop juga mempunyai fasilitas yang sesuai standar bengkel resmi, di antaranya stall-stall perbaikan, service kit, gudang penyimpanan suku cadang, dan ruang-ruang pelatihan. Pembukaan 2S Fleet Workshop tersebut dalam rangka meminimalisir waktu terbuang (down time) dari armada yang beroperasi di salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia ini.

Secara teknis, workshop ini akan dikelola sepenuhnya oleh konsumen fleet, sedangkan KTB dan dealer akan mendukung melalui pelatihan mekanik konsumen secara rutin, serta konsinyasi suku cadang. Tidak hanya itu, dealer juga secara rutin akan memasok suku cadang yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, Momon menambahkan fasilitas yang ada pada 2S Fleet Workshop dapat meningkatkan produktivitas dari Cargill Poliplant Group dalam memenuhi kebutuhan kelapa sawit yang sedang meningkat. Sektor perkebunan terutama kelapa sawit menjadi pendorong pertumbuhan Mitsubishi Fuso sejak tahun lalu.

Data dari KTB, Mitsubishi Fuso mempunyai kontribusi pada sektor perkebunan menjadi kendaraan pengangkut terbesar setelah logistik. Kontribusi angkutan barang atau orang sebesar 47 persen, sedangkan sektor perkebunan, perikanan, peternakan kontribusinya 21 persen terhadap total penjualan Nasional Mitsubishi Fuso sebesar 32.341 unit pada periode Januari-Agustus 2018.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp