Bumitama Gunajaya Agro Fokus Replanting dan Pabrik Baru

Bumitama Gunajaya Agro (BGA) akan meremajakan lahan perkebunan kelapa sawit seluas 3.700 hektare (ha). Hingga bulan Mei 2017, realisasi kegiatan peremajaan mencapai 2.020 hektare  yang dijalankan anak usaha BGA, PT Inti Sawit Lestari di Kabupaten, Ketapang Kalimantan Barat.

Hadi Fauzan, Director of Corporate Affair dan Sustainability BGA, mengatakan kegiatan replanting menghabiskan biaya sekitar Rp 61,7 Miliar. Dana sebesar ini berasal dari perhitungan kebutuhan dana peremajaan sekitar Rp 16,7 juta  per hektare.

“Dengan kebutuhan dana tersebut tingggal dihitung luasan perkebunan sawitnya. Yang pasti target replanting perusahaan sekitar 3000 hektare-an,” kata Hadi di Jakarta pada pertengahan Juni 2017.

Kegiatan peremajaan tidak hanya ditujukan kepada perkebunan milik perusahaan. BGA berencana mengganti tanaman tua milik petani plasma dan swadaya. Peremajaan lahan petani plasma akan dimulai pada Juli 2017. Sedangkah petani swadaya masih dalam tahapan verifikasi data sebagai prasyarat replanting kelapa sawit.

“Petani mandiri targetnya sekitar 1500 ha. Punya masyarakat yang pohonnya sudah tua-tua kita bantu untuk replanting. Petani swadaya juga terlantar jadi kita organisir menjadi mitra kita, dengan bentuk kemitraan nggak ada ikatan dengan peraturan tapi ada bantuan kredit karena kita butuh buah mereka,” jelasnya.

Tercatat, ada sekitar 184 petani swadaya yang siap mengikuti replanting di Ketapang, Kalimantan Barat. Petani swadaya dulunya bermitra dengan PT Benua Indah Group yang selanjutnya diajak BGA untuk bergabung menjadi petani mitra.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp