Astra Agro Ekspansi Pabrik Inti Sawit dan NPK Senilai Rp 300 Miliar

PT Astra Agro Lestari Tbk akan membangun pabrik penyulingan inti sawit dan pencampuran pupuk (fertilizer blending plant). Total investasi yang disiapkan sebesar Rp 300 miliar.

PT Astra Agro Lestari Tbk membangun pabrik pencampuran pupuk berkapasitas 100.000 ton per tahun yang dibangun di Kalimantan Tengah. Pembangunan pabrik ini memerlukan dana sebesar Rp 100 miliar. Selain itu, perusahaan juga menyelesaikan pembangunan penyulingan minyak inti sawit senilai Rp 200 miliar dengan kapasitas produksi 400 ton per hari.

Perusahaan telah mempunyai pabrik  pengolahan kelapa sawit berjumlah 31 unit. Per 31 Desember 2016, anak usaha Astra Internasional ini menambah lima unit pengolahan inti sawit (Kernel Crusher Plant), sehingga total KCP yang dimiliki perusahaan menjadi 13 unit. Di tahun yang sama refineri  PKO perseroan telah beroperasi yang berlokasi di Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat di bawah PT Tanjung Bina Lestari dengan total kapasitas olah sebesar 400 ton per hari.

PT Astra Agro Lestari Tbk mencatatkan kinerja keuangan yang positif sepanjang tahun 2016. Harga rata-rata CPO (minyak sawit mentah) dunia naik dari USD 622 per ton pada tahun 2015 menjadi USD 700 per ton. Kenaikan harga CPO ini lebih dipengaruhi oleh berkurangnya suplai tandan buah segar (TBS) sebagai dampak musim kemarau panjang pada tahun 2015.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.