ANJ Fokus Pengembangan Sawit di Papua Barat

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk menargetkan pembangunan pabrik sawitnya di Papua Barat akan selesai pada 2021. Untuk daerah lain seperti di Belitung dan Binanga (Sumatera Utara), kegiatan peremajan sawit terus berlangsung.

Seperti pada tahun sebelumnya agar informasi kinerja perusahaannya diketahui masyarakat secara jelas dan merata, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) mengadakan paparan publik kinerja operasional dan keuangan perusahaan sepanjang 2017, pada Senin (14 Mei 2018), di Jakarta.

Tampak hadir pada paparan publik, Direktur Utama PT ANJ Tbk, Istini Tatiek Siddharta yang didampingi jajaran Direksi ANJ (Naga Waskita, Lucas Kurniawan, Geetha Govindan). Dalam paparannya, Istini Tatiek Siddharta menyampaikan laba bersih perusahaan mencapai US$ 47,4juta. Besaran angka tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar 415,3% dibandingkan laba bersih pada 2016 yaitu sebesar USD 9,2 juta.

“Angka itu jauh melebihi target perusahaan. Tidak hanya itu, Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) 2017 atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi mencapai mengalami kenaikan yaitu USD101,3 juta pada 2017, naik 13,6% dibandingkan EBITDA tahun sebelumnya,” ujar Istini.

Lebih lanjut, Istini mengatakan ANJ pada 2017 mencatat sebagai tahun yang baik bagi kegiatan usahanya. Sementara di 2018 adalah upaya keberlanjutan untuk memperkuat profitabilitas usaha inti yaitu kelapa sawit, menghasilkan pertumbuhan volume serta nilai dan margin yang tinggi,” kata Istini.

Selain itu, emiten berkode ANJT ini memperoleh manfaat dari kenaikan harga jual rata-rata minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) sebesar 3,7% dibandingkan harga rata-rata di 2016. Total volume penjualan CPO mengalami kenaikan signifikan sebesar 17,5% atau 209.000 ton pada 2017 dari 177.850 ton pada 2016. Dan, perusahaan tersebut mampu meningkatkan tingkat ekstraksi CPO hingga 21,8% pada 2017, dibandingkan dengan 21,2% pada 2016. Serta berhasil membukukan penjualan CPO sebesar USD 133,1juta naik 24,9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Strategi Pertumbuhan dan Peningkatan Produktivitas

ANJ Group yang menaungi beberapa anak perusahaan tidak hanya mengelola perkebunan kelapa sawit. Namun beberapa lini usaha lain juga terus dikembangkan bahkan capaiannya cukup baik seperti Pemanenan dan Pengolahan Sagu, Edamame, Energi Terbarukan dan Keberlanjutan Perusahaan.

Pada lini usaha inti yaitu kelapa sawit mampu mencatat bahkan mewakili 95,7% dari profitabilitas usaha inti yang terus menjadi fokus di seluruh perkebunannya. Pada 2017, ANJ telah memulai proses pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) di Papua Barat yang akan memiliki jumlah kapasitas produksi sebesar 90 MT per jam pada 2021 mendatang.

Bahkan, menargetkan agar pembangunan lini pertama pabrik yang berlokasi di kampung Saga, Kabupaten Sorong Selatan, selesai pada kuartal II 2019. Proses pembangunan pabrik pada kuartal II 2018 telah mencapai 23%, juga akan menjadi pabrik pengolahan inti sawit ANJ pertama.

Agar produktifitas kelapa sawit tetap terjaga dengan baik yaitu CPO dan Tandan Buah Segar (TBS), ANJ juga menerapkan strategi pertumbuhan yang mencakup kelanjutan program peremajaan di kebun Belitung dan Binanga, serta mengoptimalkan manajemen kebun dan pabrik untuk mencapai hasil panen dan ekstraksi minyak yang optimum.

Di lini Sagu, ANJ Group melalui anak perusahaannya PT ANJ Agri Papua (ANJAP) terus dikembangkan, namun lebih lambat dari rencana karena perusahaan menghadapi tantangan yang cukup berat dalam melakukan pemanenan yang berkelanjutan di hutan sagu alam. Akibatnya pada 2017 mengalami penurunan volume produksi dan penjualan.

Kendati menghadapi tantangan, namun berbagai inovasi dan inisiatif terus dilakukan termasuk melakukan mekanisasi dan peningkatan kapasitas pabrik. ANJAP berhasil memanen 1.500 batang sagu perhari pada akhir November 2017. Di masa mendatang ANJ juga mempunyai target yang ambisius tetapi realistis yaitu untuk memanen, mengirim dan mengolah 3.000 batang sagu perhari pada 2019.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp