Menjajal Helm Berbahan Serat Sawit

Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat helm dari limbah tandan kosong kelapa sawit. Inovasi ini baru pertama kali dibuat di Indonesia. Limbah tandan kosong kelapa sawit ini diambil dari daerah Cikasungka, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Ini inovasi pertama di Indonesia karena selama ini helm tidak ada penguatnya dan tidak ada seratnya hanya polimer tanpa serat,” kata Dr. Siti Nikmatin, peneliti dari IPB ketika ditemui Sawit Indonesia dalam acara Pekan Riset Sawit Indonesia 2016 di Bogor, pada awal Desember 2016.

Siti Nikmatin membuat helm terbuat dari serat tandan kosong (tankos) sawit ini dengan berbagai keunggulan dibandingan helm yang beredar di pasaran. Serat tankos sawit dalam helm berguna untuk mengurangi benturan ketika terjadi kecelakaan. Sebab, tekanan benturan ini tidak langsung mengenai kepala, dapat ditahan oleh keberadaan serat tersebut.

“Energi tumbukan atau benturan menjadi lebih kecil sehingga tidak akan sampai ke kepala maupun getarannya ke otak, sehingga mengantisipasi gegar otak, Jadi, kepala lebih terlindungi. Helm ini juga diproses menggunakan cara cara reinforcement ABS dengan bahan baku serat tandan kosong kelapa sawit yang memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap energi tumbukan,” ujarnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.