JURUS Sinarmas Agro Cegah Api di Kebun

PT Sinarmas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk membuat strategi baru pencegahan kebakaran lahan bernama Desa Makmur Peduli Api. Program ini mengajak masyarakat bisa bertani tanpa membakar lahan.

Trigunawan, Kepala Desa Lembah Hijau 2, masih ingat pekatnya asap kebakaran lahan yang berada di kediaman warga pada 2015 lalu. Imbasnya warga kesulitan beraktivitas di luar rumah.

Tidak ingin kejadian serupa terulang, warga Desa Lembah Hijau 2 menyambut baik ajakan PT Agrolestari Mandiri, anak usaha PT SMART Tbk, untuk membentuk Desa Siaga Api pada 2016. Desa Siaga Api ini melibatkan delapan desa binaan lain termasuk Desa Lembah Hijau 2 yang berbatasan dengan perkebunan sawit perusahaan di Kalimantan Barat.

Achmad Supriyanto, Fire Prevention Head PT Agrolestari Mandiri, menyebutkan Desa Siaga Api ini melibatkan relawan dari unsur warga desa untuk bergabung dengan Masyarakat Siaga Api (MSA). Jumlah relawan ini sebanyak 15 orang di setiap desa. Relawan telah diberikan pelatihan dasar mencegahan kebakaran lahan hutan oleh Tim Manggala Agni dan TNI. Tim MSA juga diajarkan membentuk struktur organisasi, sistem patroli, pembuatan rencana kerja, dan pelaporan.

(Ulasan lengkap silakan baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 Januari 2016 – 15 Februari 2017)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.