Strategi Mempersiapkan Replanting 5 tahun Sebelumnya, Untuk Pencegahan Serangan Ganoderma

Oleh: Research dan Development Dept. PT Mitra Sukses Agrindo (2018)

Dewasa ini dunia persawitan di Indonesia bahkan di Malaysia sedang dihantui oleh monster yang mengancam investasi perkebunan sawit yang mana monster tersebut adalah jamur patogen Ganoderma, penyebab busuk pangkal batang atau dikenal dengan istilah Basal Stem Rot (BSR) pada tanaman kelapa sawit.  Ancaman jamur patogen ini tidak main-main dimana menurut Ganoderma Center (2008) jamur ini mampu menghancurkan populasi sawit sampai sekitar 60 %. Serangannya tidak hanya menyerang sawit tua, sawit muda sudah diserangnya.  Seperti beberapa kasus yang ditemukan di Sumatera Utara, Bangka, Sumatera Selatan, Jambi dan Riau serta Kalimantan.

Salah satu penyebab munculnya penyakit ini adalah lahan-lahan perkebunan sawit tersebut telah mengalami degradasi yang luar biasa. Data Badan  Pusat Statistik  (BPS)  tahun  2008,  lahan  terdegradasi  mencapai  38,6  Juta  Ha.  Angka ini cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun.  Salah  satu  indikator  kerusakan  lahan  tersebut  adalah  kandungan  bahan  organik yang relatif rendah. Data hasil penelitian tanah yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanah  Bogor  (2008)  73  %  tanah  masuk  dalam  kategori  rendah  (C organik <2  %), sisanya  23  %  termasuk  dalam  kategori  sedang  (C organik  2  –  3  %)  dan  hanya  4  % yang memiliki kandungan C organik  tinggi (> 3 %).

Terdegradasinya  lahan-lahan  tersebut  menimbulkan  pengaruh-pengaruh  negatif terhadap  tanah  baik  dari  sifat  fisik,  kimia,  maupun  biologisnya  sehingga  berakibat terhadap antara lain daya sangga tanah menurun, efesiensi penyerapan unsur hara menurun,  dan  jumlah  serta  aktifitas  mikroba  bermanfaat  dalam  tanah  akan menurun tajam.

 

Maka sudah  menjadi  keharusan  mulai  sekarang  dan  seterusnya  perhatian  terhadap kesehatan  tanah  mendapat  perhatian  serius  karena  umur  produktif  kelapa  sawit yang panjang (± 25 tahun)  memerlukan daya dukung tanah yang baik untuk tetap berproduksi  optimal  dan  oleh  karenanya  penggunaan  pupuk  organik  pilihan merupakan  langkah  strategis  dalam  rangka  upaya  perbaikan  tingkat  kesuburan tanah.

Tim Agronomi PT Mitra Sukses Agrindo (PT MSA) baru-baru ini menemukan fakta bahwa  tanaman  generasi  satu  usia  muda  pun  sudah  terserang  Ganoderma  seperti terjadi di Jambi, Bangka, Sumatera Selatan, Riau dan Sumatera Utara. Apabila jamur pathogen Ganoderma ini telah muncul maka akan sulit untuk diatasi. Namun jamur pathogen ini dapat dikendalikan melalui perlakuan biokontrol berbasis Trichoderma yang merupakan  jamur  antagonis  bagi  pathogen Ganoderma  sehingga  keberadaan  jamur  bermanfaat  ini  di  tanah  menjadi  penting untuk mengendalikan pathogen Ganoderma yang mematikan itu.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp