Sawit dan Ekonomi Berdikari Soekarno

Salam Sawit Indonesia,

Pidato Politik Soekarno, Presiden RI, pada 17 Agustus 1965 yang berjudul “Politik Berdikari” masih relevan apabila dikaitkan  situasi bernegara pada saat ini. Dalam pidatonya, Soekarno ini menegaskan pelaksanaan konsep Trisakti dalam kehidupan bernegara yaitu berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Berdaulat dalam politik, Soekarno menyebutkan supaya negara Indonesia tidak bisa lagi didikte oleh siapapun dan tidak menggantungkan diri kepada siapa-siapa lagi.  Seringkali intervensi asing masuk lalu mengacak-acak kedaulatan bangsa ini. Kebijakan moratorium gambut yang berjalan semenjak 2011 adalah contoh nyata campur tangan negara lain kepada regulasi negara ini. Demi mendapatkan hibah senilai US$1 miliar, pemerintah mengamini penundaan sementara pemakaian gambut.

Berdikari dalam Ekonomi, Soekarno meminta supaya bangsa ini bersandar pada dana dan tenaga yang ada di tangannya  dan menggunakan semaksimalnya.. Kelapa sawit adalah potensi ekonomi yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Mulai dari pangan sampai energi jawabannya adalah kelapa sawit. Tanpa harus bergantung kepada negara lain, bangsa ini tidak perlu impor minyak goreng. Bandingkan dengan komoditas pertanian lain seperti beras, jagung, dan kedelai, tiap tahun pemerintah dipusingkan menghitung jumlah impor ketiga komoditas tersebut.

Jika mau, pemerintah bisa menghemat konsumsi solar sampai 100% melalui program mandatori biodiesel. Sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong energi baru terbarukan. Itu sebabnya, kelapa sawit yang sudah kuat lebih diperkuat lagi. Walaupun yang sekarang terjadi adalah kelapa sawit  dilemahkan. Berbagai kebijakan yang dibuat pemerintah bersifat kontraproduktif dan disinsentif seperti moratorium kelapa sawit.

Di edisi Hot Issue,  kami mengulas sejumlah produk turunan kelapa sawit yang menyimpan potensi untuk dikembangkan. Seperti produk bioplastik dan kertas pengemas makanan yang berasal dari limbah tandan kosong sawit. Penggunaan limbah sawit ini mampu mendongkrak nilai tambah kelapa sawit yang selama ini bergantung kepada penjualan buah sawit.

Pembaca, kami berusaha memberikan informasi terkini dan up to date di setiap edisi. Ini bagian ikhtiar kami untuk membantu kemajuan industri sawit nasional. Selamat membaca.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.