6 Perusahaan Sawit Peduli Dunia Pendidikan

Salam Sawit Indonesia,

Kampanye negatif yang ditujukan kepada industri sawit kerapkali mengindentikkan komoditas ini membuat kemiskinan dan menimbulkan kerusakan. Model kampanye seperti inilah yang bersifat pembohongan publik. Mungkin juga yang membuat kampanye tidak pernah main ke perkebunan sawit, lalu membuat informasi yang salah. 

Bicara sawit tidak sebatas bicara urusan ekonomi. Namun peranan industri ini terlihat nyata di bidang pendidikan. Mampu mempersempit jurang pendidikan antara wilayah perkotaan dengan pedesaan khususnya di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Perusahaan memberikan akses dan mutu pendidikan terbaik di bidang pendidikan dasar dari TK sampai SMP, bahkan ada yang sampai SMA/SMK.

Jangan heran kalau berjumpa bus sekolah di tengah perkebunan sawit pada pagi dan petang hari. Bus ini menjemput dan mengantar siswa menuju ke sekolah lalu kembali ke rumah. Saat ini, perusahaan kelapa sawit berlomba-lomba memberikan fasilitas pendidikan terbaik  untuk sekolah maupun siswa. Mereka menyadari generasi inilah yang berperan menjaga keberlangsungan negara dan pada khususnya industri sawit.

Dari sekolah kebun – sebutan untuk sekolah di perkebunan sawit –  lahir beragam prestasi. Anak kebun tidak kalah dengan siswa yang mengenyam pendidikan di perkotaan. Sekolah kebun kini sudah melek informasi maupun cas cis cus  bahasa Inggris. Sarana dan mutu pendidikan sudah lebih baik dibandingkan 15 atau 20 tahun lalu.

Edisi ini, kami mengangkat enam perusahaan kelapa sawit yang punya perhatian lebih kepada dunia pendidikan. Antara lain PT Astra Agro Lestari Tbk, Musim Mas, Wilmar, PT Sinarmas Agro Resources and Technology Tbk, PT Austindo Nusantara Jaya  Tbk, dan PT Herfinta Farm&Plantation. Program pendidikan setiap perusahaan memakai pendekatan berbeda. Sebagian besar membuat sekolah yang dilengkapi fasilitas memadai.

Namun tidak sebatas bangun sekolah, mereka juga punya misi untuk meningkatkan kualitas pendidikan daerah setempat. Peserta pendidikan tidak dibatasi anak karyawan melainkan mengajak pula anak-anak warga di perkebunan sekitar. Inilah cerita mereka membangun pendidikan di areal perkebunan sawit.

Pembaca, semoga edisi ini informasi yang kami berikan lebih lengkap dan memenuhi dahaga informasi. Tak lupa, kami mengajak pembaca untuk memberikan kritik dan saran bagi kemajuan majalah ini serta industri sawit.

You might also like More from author

1 Comment

  1. LD says

    Dimana dapat melihat lowongan kerja disekolah-sekolah tsb diatas?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp