Zulher Calon Bupati Kampar, Prioritaskan Replanting Petani Sawit

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Kampar Drs H Zulher MS dan Dasril Affandi SH MH menjadikan masa kampanye menjadi ajang berdialog dan menawarkan solusi bagi permasalahan yang ada ditengah masyarakat kampar. Salah satu permasalahan krusial di tengah masyarakat adalah peningkatan pendapatan masyarakat melalui program ekonomi kerakyatan.

Seperti kampanye yang dilakukan oleh Cabup Zulher di hadapan ratusan masyarakat kecamatan Tapung di beberapa desa yaitu desa Muktisari, Tri Manunggal, dan Kijang Rejo. di hadapan masyarakat tapung tersebut, Zulher menjelaskan bahwa sebagian besar perkebunan swadaya karet dan kelapa sawit  harus segera di tanam ulang (replanting).

“Kelapa sawit, karet dan padi merupakan pondasi dasar sebagian besar ekonomi masyarakat kampar. Dan, sebagian besar tanaman perkebunan kelapa sawit dan karet sudah wajib untuk ditanam ulang (replanting). Untuk itu, jika saya dan Dasril ditunjuk masyarakat untuk memimpin kampar, maka kami akan menjadikan replanting kebun warga ini menjadi program prioritas ke depannya,”terang Mantan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau ini dalam siaran persnya.

Dia menjelaskan, selama menjabat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, dia telah berhasil menanam ulang ratusan hektar kebun petani swadaya di Kampar. Semuanya berhasil. Kelapa sawit telah berbuah pasir pada umur 15 bulan dan karet pada umur 4 tahun telah siap disadap.

Dalam kampanye dialogis tersebut, Zulher juga berbagi ilmu tentang perkebunan kelapa sawit kepada warga. Mulai dari pemilihan bibit, perawatan, pemanenan hingga penjualan buah. Dia menjelaskan bahwa ada 4 faktor penting dalam keberhasilan perkebunan sawit dan karet yaitu teknik pemilihan bibit yang berkualitas, teknik perawatan, teknik pemanenan/penyadapan dan teknik penjualan. Ke empat teknik tersebut sangat berperan terutama teknik pemilihan bibit dan penjualan.

Mendengar penjelasan Zulher tersebut, masyarakat yang menjadi peserta kampanye dialogis di tiga titik (desa) di Tapung tersebut puas dan berharap agar program-program tersebut akan direalisasikan ke depannya. Seperti yang diungkapkan oleh pak Irwan di Desa Tri Manunggal yang menyatakan bahwa Warga Tapung raya khususnya sangat berharap dengan program replanting ini. Dia menyebut, hampir 80% kebun sawit warga tapung sudah selayaknya ditanam ulang.

“Kami sangat berharap program ini segera direalisasikan. Dan kami yakin pak Zulher bisa merealisasikannya karena telah berpengalaman dan berhasil melakukan replanting kebun warga selama menjabat Kadisbun Riau”ujar Irwan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.