Trakindo Berikan Beasiswa Untuk Ciptakan Profesional Industri Alat Berat

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, semakin memperkokoh dukungannya dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang berbasis karakter di industri alat berat secara berkelanjutan.

Dukungan ini diberikan melalui penyerahan beasiswa bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Trakindo yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke politeknik. Pada program beasiswa tahun ini, 24 siswa-siswi SMK telah terpilih untuk mengenyam pendidikan di Politeknik Negeri Samarinda.  

Candy Sihombing, CSR Manager Trakindo, mengatakan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang terampil dan berkarakter, Trakindo turut mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bersaing di era globalisasi. Program pendidikan yang menjadi salah satu pilar utama kegiatan tanggung jawab sosial kami adalah program Cooperative (Coop) Trakindo. Dalam program tersebut, kami memberikan kesempatan beasiswa bagi siswa-siswi SMK yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke politeknik sejak tahun 2014.

“Melalui pendidikan tinggi di politeknik, siswa-siswi SMK, yang sebelumnya telah memperoleh kompetensi teknik di sekolah, kian meningkatkan kemampuan dan tumbuh menjadi profesional yang lebih berkualitas dan berkarakter,”katanya dalam siaran pers yang diterima redaksi. 

Tahun ini merupakan tahun ke-3 pelaksanaan program beasiswa bagi siswa-siswi SMK terpilih untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat politeknik. 24 penerima beasiswa tersebut berasal dari 9 SMK Negeri binaan Trakindo jurusan Teknik Alat Berat di seluruh Indonesia, yaitu SMKN 1 Balikpapan, SMKN 1 Lubukpakam, SMKN 1 Mimika, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Bitung, SMKN 2 Dumai, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 3 Sorong, dan SMKN 6 Samarinda.

Penerima beasiswa adalah lulusan terbaik dari masing-masing SMKN, dan telah melalui beberapa tahap seleksi, termasuk uji administratif (nilai-nilai akademis) dari sekolah asal, uji kompetensi (keahlian dasar mesin alat berat), ujian tertulis, dan tes kesehatan.  

Pada penerimaan beasiswa angkatan tahun ini, Politeknik Negeri Samarinda terpilih untuk membina penerima beasiswa tersebut. Politeknik Negeri Samarinda adalah salah satu mitra politeknik Trakindo yang memiliki antusiasme tenaga pengajar yang tinggi, fasilitas yang memadai, memiliki komitmen dalam pengembangan kompetensi pengajarnya, serta peduli terhadap kemajuan pendidikan generasi muda Indonesia.

Beasiswa yang diberikan bersifat penuh, termasuk biaya pendidikan di Politeknik Negeri Samarinda selama tiga tahun hingga akhir kelulusan, biaya hidup, juga biaya perjalanan pergi dan pulang ke kota asal pada awal dan akhir program. Setiap semester, para penerima beasiswa akan menjalani evaluasi akademik agar tetap dapat melanjutkan beasiswa ini hingga tiga tahun.

 

Ir. H. Ibayasid, M.Sc., Direktur Politeknik Negeri Samarinda mengapresiasi  program Trakindo dalam menciptakan para profesional muda yang berkualitas dan berkarakter di industri alat berat.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 80 penerima beasiswa dari angkatan pertama tahun 2014 hingga angkatan ketiga tahun 2016 yang tengah belajar di berbagai politeknik binaan Trakindo, antara lain Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan Politeknik Negeri Samarinda.

 

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.