Tiga Grup Sawit Bergabung Aliansi Bebas Api

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Kelompok usaha sawit dan sejumlah LSM membentuk aliansi bebas api atau Fire Free  Alliance (FFA) untuk memberikan solusi pencegahan kebakaran lahan dan hutan di Indonesia. Dalam aliansi ini bergabung Musim Mas, Wilmar, Asian Agri, April Grup, IDH, PM.Haze, dan Rumah Pohon. 

Anggota aliansi ini berkomitmen untuk  berkolaborasi dan berbagi pengetahuan, informasi dan berbagai sumber daya untuk menjalankan  inisiatif pencegahan kebakaran berdasarkan program April Group terkait desa bebas api atau Fire Free Village Programme (FFVP), untuk peningkatan pemantauan kebakaran, deteksi dan pemadaman. 

Program mulai berjalan pada 2015, FFVP melibatkan masyarakat sebagai bagian  inisiatif pencegahan kebakaran yang akan melatih, mengaktifkan dan memberdayakan warga desa menghadapi bahaya api di lahan pertaniannya. Berdasarkan data APRIL Grup, kejadian kebakaran dapat turun sekitar 90 persen  setelah melibatkan  partisipasi desa-desa ketika El Nino terjadi di Indonesia pada tahun lalu dibandingkan 2014. 

Anggota FFA dari kalangan perusahan akan mengadopsi dan menerapkan program desa bebas api mengenai bagaimana membangun kemitraan dan keterlibatan dengan masyarakat dapat melindungi hutan dari risiko tinggi kebakaran. 

Sementara itu, unsur LSM dan mitra lainnya akan berkontribusi terhadap fasilitasi kepada kelompok yang lebih luas dari perusahaan, penelitian kemampuan dan keahlian yang tersedia, strategi pengelolaan ulasan api dan praktek FFA kepada anggota.

Komitmen  aliansi ini mendukung komitmen Pemerintah Indonesia menuju bebas asap di kawasan  ASEAN pada tahun 2020.

“The FFA menunjukkan bagaimana sektor swasta dalam kemitraan dengan kelompok-kelompok masyarakat sipil dapat saling mendukung melalui tindakan sukarela, “kata Lucita Jasmin, Direktur APRIL.  Selain itu, FFA akan membantu memperluas pencegahan kebakaran sukses strategi untuk lanskap yang lebih luas.

“Kami percaya FFA akan menjadi platform yang berharga untuk bertukar Good Practices dan meningkatkan kegiatan  pemadam kebakaran di area kami, “kata Dr Petra Meekers, Direktur Musim Mas.

 

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp