Sinarmas Agro Berikan Beasiswa Kepada 6 Mahasiswa

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Kartika Prima Cipta (KPC), anak usaha Sinas Mas Agribusiness and Food menyerahkan beasiswa kepada enam mahasiswa di Kabupaten Kapuas Hulu. Nilai beasiswa yang diberikan sebesar Rp 64 juta kepada setiap penerima beasiswa.

“Dengan program beasiswa SMART, anak-anak muda beprestasi dari desa binaan punya kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” ujar CEO Perkebunan Wilayah Kalimantan Barat Sinar Mass Agribusiness and Food, Susanto Yang.

Keenam penerima itu adalah Alda Elfiana dari Desa Marsedan dengan jurusan kuliah Kesehatan Lingkungan, Lina dari Desa Menapar dengan jurusan Teknik Mesin, Septiana Rida dari Desa Menapar dengan jurusan kuliah Teknik Mesin, Susiana Ikat dari Desa Menapar dengan jurusan Teknik Mesin, Yunus Sawang Budiman dari Desa Tua Abang dengan jurusan Teknik Pertanian, dan Sahrul Gunawan dari Desa Madang Permai dengan jurusan kuliah Teknik Mesin.

Susanto menyebutkan pemberian beasiswa digunakan untuk biaya dan perlengkapan kuliah sampai biaya tinggal. Kendati demikian bantuan itu diberikan mereka hanya sebatas untuk delapan semester saja, atau setara 4 tahun menjalani perkuliahan. “Artinya mereka harus belajar dan bisa lulus tepat waktu serta diharapkan dengan nilai yang memuaskan,” timpal dia.

Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, Muhammad Sukri mengapresiasi pemberian beasiswa pendidikan karena memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa sektor perkebunan sebagai investasi jangka panjang.

Program beasiswa ini berjalan dengan proses perekrutan sampai tahun 2020 untuk mendukung pendidikan bagi 40 calon siswa-siswi hingga level sarjana (S1) dari tiga kecamatan, Suhaid, Semitau, dan Silat Hilir.

Selain pemberian dana, para calon siswa akan mendapatkan bimbingan belajar selama tiga sampai enam bulan, sesuai kebutuhan sebagai persiapan mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Tujuannya membantu calon siswa mendapatkan nilai yang cukup untuk diterima di universitas setempat.

Setelah siswa diterima dan berkuliah, perusahaan akan melakukan pendampingan selama 3-6 bulan serta akan terus memonitor prestasi siswa tersebut supaya bisa belajar dengan baik.

Program beasiswa SMART mampu membuka akses pendidikan anak-anak perempuan dari desa binaan untuk melanjutkan pendidikan tinggi seperti bidang-bidang sains, teknologi, teknik mesin hingga matematika. Program beasiswa SMART menyiapkan total bantuan dana sebesar Rp2,82 miliar untuk 40 anak yang akan diberikan hingga tahun 2020, pendaftaran akan dibuka dari Maret sampai April 2018.

 

Sumber foto: istimewa

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp