Sinarmas Agro Bentuk Desa Makmur Peduli Api

KETAPANG, SAWIT INDONESIA – PT Sinarmas Agro Resources and Technology Tbk mengembangkan program Desa Makmur Peduli Api yang resmi berjalan tahun ini. Program ini kelanjutan Desa Siaga Api pada tahun sebelumnya yang telah menggabungkan tiga elemen penting yaitu pencegahan kebakaran, konservasi, dan ketahanan pangan.

“Desa Makmur Peduli Api tidak hanya berbicara pencegahan kebakaran tetapi juga fokus kepada pangan serta kesejahteraan masyarakat,” kata Susanto Yang, CEO PT SMART Tbk dalam peresmian Desa Makmur Peduli Api dan Penyerahan Penghargaan Desa Peduli Api .

Kegiatan peresmian dan penyerahaan penghargaan ini berlangsung di PT Agromandiri Lestari, Kecamatan Nanga Tayap, Ketapang, Kalimantan Barat, pada Rabu  (18/1). Dalam acara ini hadir perwakilan pemerintah pusat antara lain Musdhalifah Machmud Deputi Menko Perekonomian dan Bambang, Dirjen Perkebunan. Dari kalangan pemerintah daerah antara lain Cornelis Gubernur Kalimantan Barat, Wakapolda Kalimantan Barat, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang.

Susanto mengatakan program ini berpijak dari keberhasilan serta evaluasi pelaksanaan program Desa Peduli Api dalam program pencegahan kebakaran. Di area PT Agromandiri Lestari, kegiatan Desa Peduli Api terbilang berhasil karena tidak terjadi kebakaran besar pada tahun 2016.

Di Kalimantan Barat, PT SMART Tbk punya delapan desa binaan yang sukses mencegah kebakaran sepanjang tahun lalu. Tiga dari delapan desa telah ditetapkan menjadi bagian program desa percontohan nasional oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Agus Purnomo, Managing Sustainability Golden Agri Resources Ltd menjelaskan dari capaian selama jni perusahaan akan mengembangkan pelaksanaan program Desa Makmur Peduli Api dengan menambahkan kegiatan pelestarian fungsi ekosistem lokal, peningkatan produktifitas lahan masyarakat tanpa membakar.

“Bersama dengan dukungan pemerintah dan instansi terkait kami berharap bisa tingkatkan kesejahteraan masyarakat di desa percontohan,”kata Agus.

Dalam kata sambutannya, Cornelis, Gubernur Kalimantam Barat, mengapresiasi program Desa Makmur Peduli Api yang telah menjadi bagian dari solusi kebakaran di Kalimantan Barat. “Program ini bisa terlaksana dengan baik asalkan masyarakat dan perusahaan bisa bekerjasama dengan baik,”ujar Cornelis.

Musdhalifah Machmud, Deputi Menko Perekonomian, mengapresiasi Desa Makmur Peduli Api yang mulai berjalan tahun ini sesui arahan pemerintah pusat untuk pengendalian program kebakaran. “Kami sedang menyiapkan perpres terkait pencegahan kebakaran secara nasional supaya perusahaan dan pemerintah daerah terlibat aktif,” tuturnya.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.