Sekolah Binaan PT Kayung Agro Lestari Raih Adiwiyata

KETAPANG, SAWIT INDONESIA – Sekolah Dasar 02 Matan Hilir Utara Ketapang, Kalimantan Barat, mendapatkan sertifikat Adiwiyata tingkat Kabupaten Ketapang pada Agustus 2017. Sekolan binaan PT Kayung Agro Lestari, anak usaha ANJ Grup ini telah menjalankan pendidikan sadar lingkungan dalam proses pembelajarannya.

A. Syakir Kepala Sekolah SD 02 mengatakan, penghargaan ini adalah hasil kerja keras untuk mengubah kebiasaan warga sekolah menjadi pribadi yang peduli lingkungan dan kesehatan. Warga sekolah itu adalah siswa-siswi, para guru, pegawai sekolah, orang tua dan masyarakat.

“Ini menjadi pencerahan dan dampak yang luar biasa, bagaimana program Adiwiyata menjadi titik tolak bukan terpenuhinya administrasi tetapi bagaimana merubah budaya mereka untuk peduli terhadap lingkungan dan ini sulit,” kata dia Rabu pekan lalu, di Ketapang, Kalimantan Barat.

Semenjak tiga tahun lalu, PT Kayung Agro Lestari bersama Konsultan Pendidikan Innovera mendampingi SD 02 Mantan Hilir Utara Ketapang untuk menerapkan program Adiwiyata. Program ini mengintegrasikan proses pembelajaran dengan tema-tema lingkungan, yang kemudian dipraktikkan pada kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai lingkungan itu terintegrasi pada mata pelajaran muatan lokal dan ekstrakurikuler pramuka. Adapula kegiatan bersih-bersih yang dilaksanan rutin setiap hari Sabtu, dan penilaian kelas terbersih pada hari Senin. Seusai upacara bendera merah-putih setiap Senin, peserta didik juga diwajibkan menghafal visi misi sekolah agar bisa memahami dan kemudian mengimplementasikannya.

“Penilaian kelas paling bersih pada hari Senen itu bisa memotivasi mereka untuk tetap menjaga lingkungan. Kemudian kita umumkan yang mana kelas paling bersih dan kotor, jadikan mereka berkompetisi satu sama lain,” tambahnya.

Sementara itu, peranan guru membuat perencanaan pembelajaraan yang memuat nilai-nilai lingkungan. Dari situ, anak didik akan memahami pembelajaran lewat konteks lingkungan baik di ruang kelas maupun kehidupan nyata. Salah satunya, dengan melibatkan mereka secara langsung dalam kegiatan penjelajahan hutan dan mengajarkan bagaimana menanam serta merawat tanaman secara tepat. Sekolah ini juga mengadakan kerja bakti bersama, antar masyarakat dan orang tua murid.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.