Replanting Mulai Berjalan, 2 Koperasi Petani Terima Dana BPDP Sawit

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Badan  Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit mengucurkan bantuan peremajaan tanaman (replanting) kepada 2 koperasi petani, dengan luasan 670 hektare. Nilai bantuan sebesar Rp 25 juta per hektare tau sekitar 41% dari kebutuhan dana replanting.

Bayu Krisnamurthi,  Direktur Utama BPDP Sawit, menjelaskan pihaknya memfasilitasi dan mendukung kesepakatan kerjasama petani, perbankan, dan perusahaan sawit untuk peremajaan perkebunan rakyat. Bantuan yang diberikan sebesar Rp 25 juta per hektare yang bersifat multiyears.

Plafon dana replanting kedua koperasi mencapai Rp61 juta per hektare sampai tanaman menghasilkan. “Jumlah sebesar ini berdasarkan kesepakatan mereka. Tidak merujuk kepada aturan karena belum adakan,” ujar Bayu kepada SAWIT INDONESIA selesai jumpa pers acara Kerjasama Pemberian Bantuan Dana Replanting Sawit, Selasa (5/4).

BPDP sawit memberikan bantuan kepada KUD Mulus Rahayu, yang berlokasi di Desa Delima Jaya, Siak, Riau. Kebun yang diremajakan adalah lahan eks plasma seluas 270 hektare yang dikelola 135 petani (setiap petani memiliki 2 hektare). Pembiayaan replanting sawit yang disepakati sebesar Rp 16,48 miliar yang terjalin selama 11 tahun. Dari dana tesebut, BPDP sawit memberikan bantuan sebesar Rp 6,75 miliar atau 41% dari nilai pembiayaan. Koperasi Mulus Rahayu bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri dengan dukungan teknis dan kesepakatan pembelian hasil oleh PT Indo Sawit  Subur (Asian Agri).

Selanjutnya, BPDP menyalurkan bantuan kepada Koperasi Sawit Mandian Jaya, Indragiri Hulu, Riau. Luas kebun yang diremajakan 400 hektare milik 200 petani. Kredit yang disepakati Rp24,7 miliar selama 13 tahun. BPDP memberikan bantuan sebesar Rp 10 miliar atau 40% dari nilai pembiayaan.

Bayu mengatakan BPDP sedang menyelesaikan proses dukungan peremajaan lahan seluas 4.396 hektare perkebunan rakyat yang dimiliki 2.140 petani. Para petani ini tergabung dalam 12 koperasi terdiri dari 3 KUD di Palalawan dan Siak (Riau), 8 KUD dan koperasi sawit di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dan satu koperasi di Aceh. Nilai bantuan keseluruhan sebesar p 109,9 miliar.

Selain itu, BPDP sawit akan mendukung rencana Bank BRI yang akan membiayai replanting sawit sebesar 9.994 hektare di Riau dan Sumatera Selatan, dengan kredit sebesar Rp 600 miliar. Dari jumlah ini, BPDP menyiapkan dana bantuan sebesar Rp 249,8 miliar.  (Qayuum Amri)

 

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.