Presiden Jokowi Resmikan Peremajaan Kebun Sawit di Musi Banyuasin

MUSI BANYUASIN, SAWIT INDONESIA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kegiatan peremajaan kebun sawit seluas 4.400 hektare, di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (13/10)

“Kegiatan peremajaan kebun sawit yang sudah tua. Biayanya ditanggung pemerintah, bibitnya diberi,” ujar Jokowi seperti dilansir dari situs setkab.go.id.

Pada tahun ini, lanjut Presiden, akan diberikan bantuan benih komoditas perkebunan sebanyak 35,5 juta batang yaitu kopi 4,8 juta batang, pala 2,7 juta batang, lada sebanyak 2 juta batang dan karet sebanyak 5,7 juta batang.

Menurut Presiden, setelah dimulai di Sumatra Selatan lebih dulu, bulan depan akan didorong masuk ke Sumatra Utara, bulan depannya lagi masuk ke Jambi lalu ke Riau.

“Tahun ini kita memang akan konsentrasi dulu di pulau Sumatra, tahun depan baru akan saya dorong masuk ke Kalimantan. Kita memang ingin kerja fokus supaya gampang dicek, gampang dikontrol,” tambah Presiden.

Presiden juga menargetkan agar kebun sawit rakyat juga dapat memproduksi hingga 8 ton/hektar/tahun. Untuk itu, Presiden berpesan agar bibit yang sudah diberikan harus dirawat dan dipelihara.

“Kalau swasta bisa, perusahaan bisa, petani pekebun juga harusnya bisa,” tutur Presiden.

Setelah kelapa sawit, pemerintah menargetkan peremajaan perkebunan rakyat juga akan dilakukan untuk kebun karet, kopi, kakao dan pala.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.