Perkebunan Kelapa Sawit Dalam Fenomena Kebakaran Hutan dan Lahan (Bagian IV)

Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia

Fenomena kebakaran hutan dan lahan yang terjdi di berbagai negara tampaknya juga terjdi di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (2015) kebakaran hutan dan lahan terjadi pada hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Beberapa provinsi sentra kebun sawit seperti Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah terjadi kebakaran hutan dan lahan yang relatif luas. Namun, kebakaran hutan dan lahan yang relatif luas juga terjadi pada provinsi yang tidak memiliki perkebunan sawit seperti Jawa Timur, Nusa tengara Barat dan Jawa Barat. Bahkan kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah merupakan daerah provinsi ekspansi sawit dan luas kebakaran hutan dan lahan relatif kecil dibandingkan dengan provinsi Jawa tengah dan Nusa Tengara Timur yang tidak ada pengembangan kebun sawit.

Dengan demikian, sama seperti fenomena di berbagai negara, kebakaran hutan dan lahan di Indonesia juga tidak secara sistematis dan spesifik sentra pengembangan kebun sawit. Provinsi-provinsi yang merupakan sentra atau bukan sentra sawit, kebakaran hutan dan lahan juga terjadi. Kebakaran hutan dan lahan juga tidak sistematis dan spesifik lahan gambut.

Sumber : GAPKI

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp