Perkebunan Kelapa Sawit Dalam Fenomena Kebakaran Hutan dan Lahan (Bagian II)

Bagian II

Kita sangat bersimpati kepada masyarakat yang menderita akibat kabut asap. Kita juga angkat topi kepada aparat pemerintah pusat dan daerah, BNPB, TNI/POLRI dan berbagai elemen masyarakat yang telah bahu-membahu atas kebakaran hutan tahun ini, sehingga dapat dicegah agar tidak berulang kedepan.

Fenomena Kebakaran Hutan/Lahan Global

Jika melihat data-data kebakaran hutan dan lahan global beberapa tahun terakhir, tampaknya seluruh masyarakat dunia, para pakar, maupun lembaga multinasional perlu berpikir ekstra untuk mencapai solusi jangka panjang dan fundamental mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Dalam priode 2010-2014 misalnya, rata-rata luas kebakaran hutan dan lahan pertahun di berbagai negara masih tetap tinggi bahkan sebagaian besar lebih luas di bandingkan denga Indonesia.

Luas kebakaran hutan dan lahan di USA mencapai sekitar 469 ribu hektar setiap tahun. Australia mencapai sekitar 223 ribu hektar, Portugal sekitar 98 ribu hektar, Spanyol sekitar 97 ribu hektar dan Italy sekitar 34 ribu hektar. Luas kebakaran hutan dan lahan negara-negara tersebut lebih besar dibandingkan rataan Indonesia yakni 12 ribu hektar per tahun.

Sumber : GAPKI

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp