Pemerintah Belum Punya Sistem Nasional Penanggulangan Kebakaran

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Anggota Komisi IV DPR mengkritik pemerintah yang belum memiliki strategi penanggulangan kebakaran. Tanpa kesiapan serius dapat dipastikan kebakaran dapat terjadi lebih besar daripada tahun lalu.

“Terkait masalah penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, saya belum menemukan suatu sistem dan mekanisme yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai sebuah cara atau strategi yang memang dipersiapkan untuk memadamkan kebakaran,” ucap Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron seperti dilansir dari situs dpr.go.id.

Menurutnya  tahun 2016 tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan karena sedang musim basah akibat curah hujan yang cukup tinggi. Kalau situasinya seperti tahun 2015 yang lalu, maka kebakaran akan terjadi dimana-mana, karena secara infrastruktur tidak ada yang siap untuk bisa menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

Masalah lain yang disampaikan politisi Demokrat itu adalah masih ditemukannya plastik berbayar, padahal sepengetahuan anggota Dewan,  hal itu sudah dihentikan. Oleh karenanya Komisi IV DPR meminta penjelasan mengenai hal itu. Apakah kebijakan itu masih dijalankan dan diserahkan kepada masing-masing pihak

“Yang jelas hal ini tidak fair, dimana rakyat harus membayar tetapi tidak tahu kemana hasil pembayaran tersebut disalurkan. Rakyat harus menanggung terhadap lingkungan yang semestinya masalah itu ditanggung oleh pajak yang memang sudah dipotong dari apa yang mereka dapatkan. Tidak fair apabila semua persoalan diserahkan kepada rakyat,” tandasnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.